Pendidikan

Tujuan PAIKEM

Tujuan PAIKEM

Tujuan PAIKEM

Tujuan PAIKEM

Pembelajaran berbasis PAIKEM

(pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan) membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis dan berpikir kreatif (critical dan creative thinking). Berpikir kritis adalah suatu kecakapan nalar secara teratur, kecakapan sistematis dalam menilai, memecahkan masalah menarik keputusan, memberi keyakinan, menganalisis asumsi dan pencarian ilmiah. Berpikir kreati adalah suatu kegiatan mental untuk meningkatkan kemurnian (originality) ketajaman pemahaman (insigt) dalam mengembangkan sesuatu(generating) kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Dalam pembelajaran pemecahan masalah, siswa secara individual atau kelompok diberi tugas untuk memecahkan suatu masalah. Jika memungkinkan masalah diidentifikasi dan dipilih oleh siswa sendiri, dan diidentifikasi hendaknya yang penting dan mendesak untuk diselesaikan serta sering dilihat atau diamati oleh siswa sendiri, umpamanya masalah kemiskinan, kejahatan, kemacetan lalu lintas, atau soal-soal dalam setiap mata pelajaran yang membutuhkan analisis dan pemahaman tingkat tinggi dan sebagainya.

Adapun tujuan dari pembelajaran model PAIKEM ini adalah sebagai berikut:

  1. Merancang penilaian dilakukan bersamaan dengan merancang pembelajaran tersebut.
  2. Penilaian disesuaikan dengan pendekatan dan metode yang dilaksanakan dalam pembelajaran.
  3. Dalam pembelajaran dengan pendekatan model PAIKEM, penilaian dirancang sebagaimana dengan penilaian otentik.
  4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif /interaktif termasuk cara belajar kelompok (Ahmad Syafri, 2005: 134).

Sumber: https://multiply.co.id/death-truck-hero-apk/