Pendidikan

Tipe-tipe Kepribadian

Tipe-tipe Kepribadian

            Kepribadian memiliki beberapa tipe sebagai berikut:

1)      Kepribadian Ekstrovert

Kepribadian Ekstrovert adalah kepribadian yang bersifat terbuka, berorientasi ke dunia luar sehingga sifatnya ramah, senang bergaul, dan mudah menyesuaikan diri. Di lingkungan pekerjaan individu berkepribadian ini lebih suka bekerja dengan banyak orang, suka berterus terang, suka berterus terang, aktif mengeluarkan ide-ide dan pandai mengajak orang lain mengikuti ide dan keinginannya.

2)      Kepribadian Introvert

Kepribadian introvert adalah kepribadian yang bersifat tertutup dan berorientasi kepada diri sendiri sehingga sifatnya pendiam, jarang bergaul, suka menyendiri, dan sukar menyesuaikan diri. Walaupun dia bekerja sangat individualis, namun orang yang introvert biasanya dapat bekerja dengan baik dan tidak mengecawakan serta dapat diandalkan.

3)      Kepribadian Ambivert

Kepribadian ambivert adalah kepribadian campuran yang tidak dapat digolongkan ke dalam kedua tipe tersebut di atas oleh karena sifatnya bervariasi.

Di dalam dunia kerja, terdapat beberpa kepribadian seperti berikut ini:

1)      Tipe Realistik

Orang berkepribadian realistik adalah orang yang menyukai aktivitas di luar ruangan. Mereka sering menganggap tidak begitu penting bersosialisasi dan lebih suka bekerja sendiri. Jika harus bekerja dalam tim, ia lebih suka dengan orang yang setipe. Orang ini tidak suka bergosip dan hanya berkonsentrasi pada tugasnya. Tipe ini tidak pernah melimpahkan pekerjaannyabpada orang lain.

2)      Tipe Investigatif

Orang selalu tertarik pada gagasan dan ide-ide. Ia merasa membuang waktu dengan masalah yang melibatkan emosi. Tipe ini sering berkonflik dengan orang yang biasa bergosip.

3)      Tipe Wiraswasta

Orang yang lebih berorientasi pada orang lain daripada gagasan. Ia mendominasi orang lain untuk mencapai tujuannya. Ia pintar mengatur kerja orang lain, mempersuasi orang dan bernegosiasi.

4)      Tipe Sosial

Orang yang berorientasi untuk dan dengan orang lain. Tipe ini cenderung mempunyai orientasi untuk menolong, memelihara dan mengembangkan orang lain. Karena kepekaan dan kepeduliannya, orang ini seorang mengurus hal-hal yang terlalu pribadi. Bila tidak diimbangi dengan kematangan, ini mudah tergelincir untuk menjadi penyebar gosip.

5)      Tipe Artistik

Orang yang senang dengan ide-ide dan materi untuk diekspresikan dengan cara yang unik. Tipe ini sangat menghargai kebebasan. Sayangnya, tipe ini rentan jadi santapan gosip karena caranya yang unik dan sering menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda.

6)      Tipe Konvensional

Orang ini biasanya berfungsi paling baik dalam lingkungan dan pekerjaan yang terstruktur dengan baik serta memerlukan ketelitian. Ia biasanya tidak suka bekerja dengan ide-ide dan orang lain.

sumber :