Pendidikan

Tingkat Kesukaran

Tingkat Kesukaran

Melihat kesukaran dalam soal merupakan hal yang sangat penting untuk menyediakan berbagai macam alat diagnostikkesulitan belajar pada peserta didik ataupun untuk meningkatkan penilaian belajar dalam kelas. Tingkat kesukaran soal dapat dilihat dari tingkat kedalaman soal, kompleksitas, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kemampuan yang diukur oleh soal. Para ahli tes menentukan tingkat kesukaran berdasarkan berapa banyak peserta tes dapat menjawab soal yang diberikan. Apabila dari 100 peserta tes semuanya atau sebagian besar dapat menjawab dengan benar, maka dapat dikatakan bahwa soal tersebut mudah.

Apabila yang menjawab soal dengan benar hanya satu orang atau tidak ada sama sekali yang dapat menjawabnya, maka dapat dikategorikan bahwa soal tersebut memiliki tingkatan soal yang sulit.

Menurut teori klasik Surapranata (2005:12), tingkat kesukaran dapat dinyatakan melalui beberapa cara diantaranya yaitu: (1) proporsi menjawab benar;

(2) skala kesukaran linier; (3) indeks Davis; dan (4) skala bivariat. Proposi jawaban benar (p), yaitu jumlah peserta tes yang menjawab benar dibandingkan dengan seluruh jumlah peserta tes. Persamaan yang digunakan untuk menentukan tingkat kesukaran dengan porposi jawaban benar yaitu:

∑ x

p =

SnN

p          : proporsi menjawab benar atau tingkat kesukaran

∑ X      : banyaknya peserta tes yang menjawab benar

Sn        : skor maksimum N       : jumlah peserta tes

19

Tabel 2.1 menunjukkan respon 10 peserta tes yang akan digunakan sebagai alat untuk menghitung tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distribusi jawaban pada pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Tabel 2.1 Jawaban 10 Peserta Tes Terhadap 10 Soal Pilihan Ganda 

No. Peserta Nomor Soal
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1. Tulip A A C A A C B D A C
2. Lili A C A D A D D C A D
3. Teratai A C C B A C B D A C
4. Waru A D A B C D A C A A
5. Jati A B C D A B C D B A
6. Albasia A B C D B B C D B A
7. Meranti A B C D C B C D C C
8. Cendana A B C D D B C D D D
9. Randu A B C D C B C D C C
10. Kemuning A B C D D B C A D D

Sumber: Surapranata, S. (2005:13)

Tabel 2.2 menunjukkan kunci jawaban untuk 10 soal tersebut. Jawaban yang benar diberikan skor 1 sedangkan jawaban yang salah diberikan skor 0.

sumber :

Monster Warlord v4.1.2 Apk for android