Pendidikan

Teori Komunikasi Berbasis Produksi dan Resepsi Pesan

Teori Komunikasi Berbasis Produksi dan Resepsi Pesan

Produksi pesan, hal ini menjelaskan tentang kegiatan menyusun pesan-pesan antara lain kognitif individu; melibatkan Frame of Reference (FOR) dan Field of Experience (FOE) dari komunikator, dan tujuan yang ingin dicapai.

  1. Teori Komunikasi Berbasis Interpretasi dan Penyampaian Pesan

1)      Speech Act Theory

Menjelaskan bahwa Speech act theory adalah unit dasar dari bahasa yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu.

2)      Balance Theory

Memberikan penjelasan tentang bagaimana mencari jalan tengah sehingga menemukan titik keseimbangan terhadap 2 atau lebih orang yang memiliki perbedaan dalam interpretasinya.

3)      Theories of Meaning

Memberikan penjelasan tentang bagaimana seseorang menangkap dan mempelajari pesan yang diterimanya yang kemudian akan diaplikasikan pada tingkah lakunya.

  1. Teori Komunikasi Berbasis Struktur Pesan

Memberikan penjelasan bahwa dalam teori ini terdiri dari beberapa elemen yang terkandung dalam pesan baik verbal atau nonverbal.

  1. Teori Komunikasi berbasis Dinamika Interaksi

1)      Communication Accomodation Theory

Menjelaskan tentang terjadinya proses akomodasi (penyesuaian diri) seseorang terhadap lingkungannya guna tercapainya interaksi komunikasi yang lebih baik.

2)      Expetancy Violation and Interaction Adaptation Theories

Menjelaskan tentang upaya diri setiap individu dalam bertoleransi terhadap bentuk pelanggaran dari individu lain yang membuatnya tidak nyaman. Perilaku yang dimaksud adalah jarak antara subjek dan objek selama berbicara, volume suara, tatapan mata, sentuhan, dan sebagainya.

sumber :

https://rakyatlampung.co.id/seva-mobil-bekas/