Pertanian

Teknik Analisis Secara Kualitatif

Teknik Analisis Secara Kualitatif

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis butir soal secara kualitatif, yakni teknik moderator dan panel. Teknik moderator merupakan teknik berdiskusi yang didalamnya terdapat satu orang sebagai penengah. Berdasarkan teknik  ini, setiap butir soal didiskusikan secara bersama dengan beberapa ahli, seperti guru yang mengajarkan materi, ahli materi, penyusun atau pengembang kurikulum, ahli penilaian, ahli bahasa dan orang yang memiliki latar belakang psikologi. Teknik ini sangat baik, karena didiskusikan dan ditelaah secara bersama-sama, namun teknik tersebut memiliki kelemahan karena memerlukan waktu lama untuk mendiskusikan setiap satu butir soal.

Teknik berikutnya adalah teknik panel. Teknik panel merupakan suatu teknik yang menelaah butir soal berdasarkan kaidah penulisan butir soal. Kaidah itu diantaranya materi, kontruksi, bahasa atau budaya, kebenaran kunci jawaban atau pedoman penskoran. Caranya beberapa penelaah diberikan butir-butir soal yang akan ditelaah, format penelaahan dan pedoman penilaian atau penelaahan. Tahap awal, semua orang yang terlibat dalam kegiatan penelaahan disamakan persepsinya, kemudian mereka bekerja sendiri-sendiri di tempat berbeda. Para penelaah dipersilahkan memperbaiki langsung pada teks soal dan memberikan nilai pada setiap butir soal dengan kriteria soal baik, perlu diperbaiki atau diganti (Suprananto, 2012).

  1. Teknik Analisis Secara Kuantitatif

Penelaahan soal secara kuantitatif adalah penelaahan butir soal berdasarkan pada data empirik. Data empirik ini diperoleh dari soal yang telah diujikan. Ada dua pendekatan dalam analisis secara kuantitatif, yaitu pendekatan secara klasik dan modern. Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta tes guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori klasik. Kelebihan dari analisis ini yakni, murah, sederhana, familiar, dapat dilaksanakan sehari-hari dengan cepat menggunakan komputer dapat menggunakan data dari beberapa peserta tes atau sampel kecil. Hal tersebut telah dikemukakan oleh Millman dan Greene (1993) dalam Suprananto, (2012). Selanjutnya analisis butir soal secara modern adalah penelaahan butir soal dengan menggunakan teori respon butir atau Item Response Theory (IRT). Teori ini merupakan suatu teori yang menggunakan fungsi matematika untuk menghubungkan antara peluang menjawab benar suatu butir dengan kemampuan siswa.

sumber :