Pendidikan

Syarat-Syarat Profesi Keguruan

Syarat-Syarat Profesi Keguruan

Syarat-Syarat Profesi Keguruan

Syarat-Syarat Profesi Keguruan

National Education Association (NEA) (1948) menyarankan kriteria khusus jabatan guru sebagai berikut:

  1. a)Jabatan yang melibatkan kegiatan intelektual.

Mengajar melibatkan upaya-upaya yang sifatnya sangat didominasi kegiatan intelektual. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan anggota profesi ini adalah dasar bagi persiapan dari semua kegiatan profesional lainnya. Oleh sebab itu mengajar seringkali disebut sebagai ibu dari segala profesi (Stinnet dan Huggett,1963).


  1. b)Jabatan yang menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus

Anggota-anggota suatu profesi menguasai bidang ilmu yang membangun keahlian mereka dengan melindungi masyarakat dari penyalahgunaan, amatiran yang tidak terdidik, dan kelompok tertentu yang ingin mencari keuntungan. Namun, belum ada kesepakatan tentang bidang ilmu khusus yang melatari pendidikan (education) atau keguruan (teaching) (Ornstein and Levine,1984).

  1. c)Jabatan yang memerlukan persiapan profesional yang lama.

Yang membedakan jabatan profesional dengan non-profesional antara lain adalah dalam penyelesaian pendidikan melalui kurikulum, yaitu ada yang diatur universitas/institut atau melalui pengalaman praktek dan pemagangan atau campur pemagangan dan kuliah. Yang pertama, yakni pendidikan melalui perguruan tinggi disediakan untuk jabatan profesional, sedangkan yang kedua, yakni pendidikan melalui pengalaman praktek dan pemagangan atau campuran pemagangan dan kuliah di peruntukkan bagi jabatan yang non-profesional (Ornstein dan Levine,1984).

sumber

Dank Tanks 2.0.0 Apk for android