Syarat dan Ketentuan SBMPTN 2019

Syarat dan Ketentuan SBMPTN 2019

Syarat dan Ketentuan SBMPTN 2019

Syarat dan Ketentuan SBMPTN 2019
Syarat dan Ketentuan SBMPTN 2019

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu

tahap seleksi yang dibuka Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui ujian tertulis di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Bagi peserta, penyeleksian ini lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs resmi  setiap tahun SBMPTN diperbaiki dan dikembangkan sesuai perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Dimulai tahun 2016, SBMPTN sudah mulai diperkenalkan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Ketua LTMPT, Ravik Karsidi menjelaskan, SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan

mahasiswa baru menggunakan hasil UTBK atau kriteria lain yang sudah ditetapkan oleh PTN bersangkutan. “UTBK dapat diikuti siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/sederajat) serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019,” ujarnya.

Adapun persyaratan yang dibutuhkan dalam SBMPTN 2019 ini, yakni siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan 2017 dan 2018 yanag telah memiliki ijazah. Sedangkan untuk lulusan 2019, telah memiliki surat keterangan lulus pendidikan menengah atau sekurang-kurangnya informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru sang pandaftar yang telah ditandatangani kepala sekolah.

Selain itu, calon pendaftar wajib memiliki nilai hasil UTBK, memiliki Nomor Induk Siswa

Nasional (NISN) serta kesehatan diri yang memadai dan tidak mengganggu kelancaran proses studi. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

“Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah serta calon pendaftar dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN 2019,” tambahnya.

Tepat pada 10 Juni 2019, SBMPTN dibuka. Tahapan pendaftaran yang harus dilalui oleh peserta adalah membuka laman  Kemudian dilanjutkan mengisi biodata, kecuali bagi peserta yang telah terdaftar di SNMPTN 2019. Peserta bisa memilih PTN dan program studi, dengan ketentuan pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan di masing-masing PTN maksimal memilih dua program studi.

“Sedangkan khusus pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga, mengikuti tata cara pengisian portofolio dari laman sbmptn. Kemudian, mengunggah dokumen lain sesuai persyaratan pendaftaran,” ujar Karsidi.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/