Struktur Organisasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu

Struktur Organisasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu

Struktur Organisasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu

Struktur Organisasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu
Struktur Organisasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu

Organisasi berada dalam sebuah lingkungan

Yang mana lingkungan sendiri dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat organisasi. Secara tidak langsung lingkungan dan organisai memeiliki keterkaitan, kegiatan yang dilakukan organisasi akan merubah lingkungan, dan juga sebaliknya, lingkungan akan mendorong perubahan pada organisasi.

Lingkungan organisasi adalah semua elemen di dalam maupun di luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu organisasi. Terdapat dua jenis klasifikasi lingkungan yakni lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal yang berpengaruh langsung dalam organisasi meliputi karyawan/pegawai organisasi dalam, serta pimpinan manajer. Lingkungan eksternal dibagi dua yaitu yang berpengaruh langsung dan tidak langsung. Contoh lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung adalah organisasi pesaing, pemasok komunitas lokal, konsumer, NGO dan lainnya. Sedangkan untuk contoh lingkungan eksternal yang tidak berpengaruh langsung adalah kondisi politik, ekonomi dan sosial. Lingkungan secara umum yang harus dianalisis kekuatannya oleh manajer karena mempengaruhi pembuat keputusan dan perencanaan adalah kekuatan teknologi, ekonomi, demografi, sosial budaya serta politik dan hukum.

 

Analisa lingkunagn dengan mengidentifikasikan organisasi bertujuan untuk:

  1. Mengetahui dan meramalkan apa yang kan terjadi.
  2. Mengenali dan mengatisipasi resiko tindakan organisasi, hal ini berkaitan dengan pengawasan terhadap analisa kebijakan yang dilakukan oleh organisasi bersangkutan.
  3. Menganalisa kecenderungan politik, sosial, ekonomi dan faktor lain.
  4. Berhubungan dengan lingkungan, maksudnya adalah agar kita mampu menjalin komunikasi dan interaksi dengan lingkungan sosial di sekitar tempat tinggal. Sehingga terwujud kerjasama dan hubungan yang harmonis.

Lingkungan Internal Organisasi

Telah disinggung sebelumnya bahwa lingkungan internal organisasi memiliki pengaruh langsung terhadap organisasi bersangkutan.  Lingkungan internal organisasi dapat terdiri dari: Pemilik, Tim Manajemen, Para Anggota atau Pekerja dan Lingkungan Fisik Organisasi.  Dari contoh struktur organisasi di atas dapat dijelaskan bahwa pemilik Organisasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu adalah bapak Ade Sumarna selaku kepala Desa atau individu yang secara historis maupun hukum dinyatakan sebagai pemilik akibat adanya penyertaan modal, ide ataupun berdasarkan ketentuan lainnya dinyatakan sebagai pemilik organisasi. Selanjutnya, sekrtaris desa, kepala urusan trantib, kepala urusan pembangunan, kepala urusan  kesejahteraan sosial dan lain sebagainya merupakan contoh dari tim manajemen organisasi, merupakan orang-orang yang menurut para pemilik organisasi atau perusahaan dinyatakan atau ditunjuk sebagai pengelola organisasi untuk suatu periode tertentu.

Namun, kerja sebuah tim manajemen dalam organisasi tidak dapat terlepas dari anggota yang menjadi bagian dari divisi atau departemen.  Maka dari itu, dibutuhkanlah anggota yang merupakan sumber daya manusia dari organisasi atau perusahaan yang bergelut dalam aktivitas operasional perusahaan dan menjalankan tugas-tugas keseharian organisasi berdasarkan apa yang telah ditetapkan oleh tim manajemen. Adapaun kemampuan seperti anggaran desa, modal ataupun sumber daya lain selain manusia yang dimilki Organiasi Kerja Pemerintahan Desa Cibatu merupakan bagian dari lingkungan fisik organisasi yang merupakan.sumber daya selain manusia yang dimiliki organisasi tersebut, sebagai faktor pendukung berjalannya sebuah aktifitas organisasi atau perusahaan.

 

Lingkungan Eksternal Organisasi

Telah dijelskan sebelumnya bahwa lingkungan eksternal organisasi merupakan faktor luar yang berpengaruh terhadap organisasi bersangkutan.  Lingkungan eksternal organisasi secara struktural terdiri dari pelanggan, pesaing, pemasok, regulator, partner strategis dan pemerintah.

Dikarenakan contoh organisasi di atas merupakan organisasi pemerintahan yang bersifat public service maka pelanggan yang dimaksud adalah masyarakat yang berada di lingkungan kerja organisasi tersebut, yaitu masyarakat desa Cibatu.  Karena secara langsung telah memanfaatkan, menggunakan, dan mengajukan permintaan atas barang atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi.  Sebagai contoh: pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga) dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan pesaing dan pemasok, nampaknya organisasi kerja pemerintahan desa Cibatu tidak memiliki saingan.  Karena masyarakat Cibatu secara tidak langsung telah terikat dengan pemerintah desa Cibatu untuk memenuhi kepentingan yang bersifat kependudukan.  Sebagai contoh, ketika kita ingin membuat KTP maka proses pembuatanya harus ditangani oleh pemerintah desa di mana kita tinggal dan tidak bisa sesuka hati untuk meminta ditangani oleh pihak desa lain.

Baca Juga :