Kuliner

SEJARAH PERKEMBANGAN KARTOGRAFI

SEJARAH PERKEMBANGAN KARTOGRAFI

 

Pada tahun 1700 tehnik surfei moderen untuk pemetaan topografi di terapkan,termasuk juga versi awal pemetaan tematis, misalnya untuk keilmuan atau data sensus.awal abad ke 20 pengembngn kartografi photo peta di pishkan menjdi beberapa lapisan (layer).penelitin senjata nuklir membwa pemetaan menjadi multifungsi pada awal tahun 1960.

Tahun 1967 merupakan awal pengembangan system informasi geografi yang di terapkan Ottawa oleh deprtemen mengenai pertambangan dan sumbr daya. Di kanada di gunakan menyimpan, menganalisis dan mengelolh data yang di kumpulkan untuk mengetahui kemampuan lahan pedesaan di kanada dengan memetakan berbagai informasi tanah, pertanian dan pariwisata alam.

 SIG (Sistem Informasi Geografi)
Sig meripakn system pertma di duna dari hasil perbaikan aplikasi pemetaan yang memeliki kemampuan (overlai) mendukung system kordinat nasipnal yang membentang di atas benua memasiki garis sebagai arc yang mamiliki topologi dan informasi lokasional yang di kembngkan oleh seseorang yang bernama rogert tomilingson kemudian di sebut bapk SIG

 Unsur SIG
Unsure SIG terdiri dari tiga system yaitu
1. SISTETM
System dapat di rtikan sebagi hal yang saling berkitan atau saling mempengaruhi dalm mengerjakan atau memproses suatu dan berbgai hal untuk satu tuhuan.

2. Informasi
Informsi yang memut tentang pembetukn bumi dengan segala apayang ada di bumi. Pengethuan mnusia adalah pengethuan utama adalah symbol informasi untuk peta apa yang dapat di ketahui tentng suatu lokasi yang ada di dalam peta, apa yang pernah di lihat, pa yang pernah di dengar dan sebagian adalah hal yang terpenting unyuk di ketahui dalm penggambaran peta.

3. Geografi
Geografi atau imformasi bias di tandai debgan
Data-data seperti kordinat obyek informasi . geografi secara umum hnya berupa 3 untuk keperluan peta) yaitu:

1. Titik
2. (Menerangkan Lokasi Atau Tempat, Sesuatu Yang Terjadi) misalnya lokasi rum yang di gambarkan dengan titi di tepi jalan
3. Garis.
(menerangkan obyek di muka bumi yang memanjang baik nyata maupun tidak) misalnya jalan,sungai dan yang tidak nyata seperti batas admistrasi.
4. Era
Di sebut juga polygon (Menerangkan Obyek Luasan Yng Mempunyai Batas Seperti Pulau, Kabupaten, Desa, Sawah, Hutan Dll.)

 Proses sig

Proses sig dapat dilakukan denga cara
1. input yaitu pemsukan data-data yang di perlukan (peta-peta, data-data lainya.
2. pengolahan data-data tersebut dip roses, diseleksi,dimanipulasisesuai dengan maksud dan kebutuhan, dalam proses ini juga bias di lakukan dengan analisa.
3. output keluaran hasil proses berupa peta.