Sejarah Bumi Dan Skala Waktu Gologi

Sejarah Bumi Dan Skala Waktu Gologi

Sejarah Bumi Dan Skala Waktu Gologi

Sejarah bumi

Bumi tempat segenap makhluk hidup termasuk manusia telah terbentuk kira-kira 4.600.000.000 tahun lalu bersamaan dengan planet-planet lain yang membentuk tata surya dengan matahari dengan pusatnya. Sejarah kehidupan di bumi baru di mulai 3.500.000.000 tahun lalu dengan munculnya micro-organisma sederhana yaitu bakteri dan ganggang. Kemudian pada 1.000.000.000 tahun lalu baru muncul organisme bersel banyak.

Perkembangan perubahan pertumbuhan diawali oleh pteridofita (tumbuhan paku),gimnosperma (tumbuhan berujung) dan terakhir angiosperma (tumbuhan berbunga).

Sedangkan perkembangan dan pertumbuhan hewan dimulai dari invertebrate,ikan,amfibia,reptilian,burung dan terakhir mamalia,kemudian terakhir kali muncul manusia.

Kalau dalam ilmu sejarah kita mengenal jaman-jaman dengan nama-nama khususnya. Misal jaman batu,jaman majapahit,trusada yan membagi lagi dengan kala,masa dan sebagainya.dalam ilmu geologi juga mirip.ada yang disebut “jaman”.”kala”,”pariode”dan sebagainya.

Skala waktu geologi

Masa arkeozoikum dan proterozoikum bersama-sama dikenal sebagai masa pra-kambrium.nah sekarang apa saja yang dipercaya oleh ahli biologi,apa yang terjadi dengan makhluk hidup pada masa-masa itu.

Era/masa arkeozoikum (4.5 – 2,5 milyar tahun lalu

Arkeozoikum artinya masa kehidupan purba

Masa arkeozoikum (arkean) merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokoninen. Batuan masa ini ditemukan di beberapa bagian dunia yang lazim disebut kraton/perisai benua.

Coba perhatikan,masa ini adalah masa pembentukan kerak bumi.jadi kerak bumi terbentuk setelah pendinginan bagian tepi dari “balon bumi” (bakal calon bumi). Plate tectonic/lempeng tektonik yang menyebabkan gempa itu terbentuk pada masa ini. Lingkungan hidup masa itu tentunya mirip dengan lingkungan disekitar mata-air panas.

Batuan tertua tercatat berumur kira-kira 3.800.000.000 tahun. Masa ini juga merupakan awal terbentuknya indrosfer dan atmosfer serta awal muncul kehidupan primitive di dalam samudera berupa mikro-organisma(bakteri dan ganggang). Fosil ertua yang telah ditemukan adalah fosil stromatolit dan cyanobacteria dengan umur kira-kira 3.500.000.000

Era Masa Proterozoikum (2,5 milyar-550 juta tahun yang lalu)

Proterozoikum artinya masa kehidupan awal. Masa proterozoikummerupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer. Pada masa ini kehidupan mulai berkembang dari organism ber sel tunggal menjadi ber sel banyak (enkaryotes dan prokaryotes).

Enkaryotes ini bakal menjadi tumbuhan dan prokariyotes nantinya menjadi binatang.

Menjelag akhir masa ini organism lebih kompleks, jenis invertebrate bertubuh lunak seperti ubur-ubur, cacing dan koral mulai muncul di laut-laut dangkal, yang bukti-buktinya di jumpai sebagai fosil sejati pertama. Masa arkeozoikum dan proterozoikum bersama-sama dikenal sebagai masa pra-Kambrium.

Era /Masa Paleozoikum (590-250 juta tahun lalu

Dimasa ini lah kehdupan-kehidupan yang beragam mulai terbentuk. Masa ini pun terbagi menjadi 7 sub zaman yaitu :

a.zaman kambrium (590-500 juta tahun lalu) kambrium berasal dari kata “cambria“ nama latin untuk daerah WALES DI INGGRIS sana, dimana batuan berumur kambrium pertamakali di pelajari. Banyak hewan invertebrate mulai muncul pada zaman kambrium. Hamper seluruh kehidupan berada di lautan. Hewan zaman ini mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung. Fosil yang dijumpai dan penyebarannya luas adalah, alga, cacing, sepon, koral, molusca, akinodermata, brakiopoda, dan antropoda (trilobite). Sebuah daratan yang disebut Gondwana (sebelumnya pannotia) merupakan cikal bakal antartika, afrika, india, Australia, sebagian asia dan amerika serikat. Sedangkan eropa, amerika utara, dan tanah hijau masih berupa benua-benua kecil yang terpisah.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/