Pendidikan

SEJARAH BULU TANGKIS DUNIA

SEJARAH BULU TANGKIS DUNIA

SEJARAH BULU TANGKIS DUNIA

SEJARAH BULU TANGKIS DUNIA

Bulu Tangkis merupakan sebuah cabang olahraga

dimana dalam olahraga tersebut membutuhkan sebuah raket yang akan dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dimainkan secara berpasangan (ganda). Dan baik dua orang (tunggal) atau pun dua pasangan (ganda) akan saling berlawanan untuk mencetak poin sebanyak mungkin dan memenangkan pertandingan.

Permainan bulu tangkis sangat mirip dengan permainan tenis, dimana pada permainan bulu tangkis bertujuan untuk memukul shuttlecock agar melewati jaring dan kemudian jatuh di area permainan lawan. Dan tentunya antar lawan, akan mencegah supaya bola permainan atau kok (shuttlecock) tidak jatuh pada area permainannya.

Pada awalnya, olahraga yang dimainkan mengunakan raket dan juga kok ini diperkirakan berkembang di Mesir kuno sekitar kurang lebih 2000 tahun yang lalu. Namun hal ini baru perkiraan, pasalnya dalam sebuah penelitian lain olahraga bulu tangkis di sebut muncul pertama kali di India dan juga di Republik Rakyat Tiongkok.

Di daerah Tiongkok, terdapat permainan yang mirip dengan permainan bulu tangkis. Permainan tersebut dinamakan Jianzi. Baik Jianzi maupun Bulu Tangkis, sama-sama menggunakan kok dalam permainannya. Namun Jianzi tidak menggunakan raket, sebagai ganti nya pada permainan Jianzi menggunakan kaki untuk memainkak kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin.

Kemudian di Inggris, dimulai sejak zaman pertengahan. Dimana pada saat itu permainan anak-anak yang di sebut dengan Battledores dan Shuttlecocks menjadi sangat populer di berbagai daerah di wilayah Inggris. Pada permainan tersebut, anak-anak akan menggunakan dayung/tongkat (Battledores) dan akan melakukan strategi agar kok atau bola permainan tetap di udara.

Dan tentunya apabila kok tersebut menyentuh tanah, maka akan kehilangan poin. Pada masa itu, permainan ini cukup populer karena sangat cocok untuk dijadikan sebagai permainan harian di jalan-jalan kota London pada tahun 1854. Suasana kota London saat itu sangat mendukung popularitas permainan ini di kalangan masyarakat Inggris.

Kemudian para penduduk Inggris mulai menyebarkan permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) dan hal tersebut dibarengi dengan proses kolonisasi Asia. Dan dengan adanya persebaran ini membuat permainan Battledores dan Shuttlecocks ini menjadi sangat populer di negara koloni Inggris.

Dan kemudian tentara Inggris juga berperan dalam sejarah Bulu Tangkis, dengan menciptakan olahraga kompetitif untuk bulu tangkis di Pune, India pada abad ke-19. Dan disertai dengan penambahan jaring sebagai media bermain dan juga melakukan permainan tersebut secara berlawanan. Hal ini lah yang menjadi cikal bakal terbentuknya olahraga bulu tangkis.

Kemudian pada tahun 1850, para tentara inggris membawa kembali pemainan tersebut ke kampung halaman mereka. Kemudian pada tahun 1860 permainan ini dinamakan Badminton melalui sebuah pamflet yang dibuat oleh Isaac Spratt, berjudul “Badminton Battledore – a new game” (“Battledore bulu tangkis – sebuah permainan baru”).

Kemudian peraturan Bulu Tangkis pertama kali dirumuskan oleh Klub Badminton Bath pada tahun 1877. Selanjutnya dibentuklah Asosiasi bulu tangkis Inggris pada tahun 1893 dan kemudian asosisasi ini menyelenggarakan kejuaraan internasional pertama kali pada tahun 1899 yaitu adalah Kejuaraan All England.

Hingga kini olahraga bulu tangkis menjadi sangat populer di dunia. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari peran serta negara Inggris dalam mengembangkan olahraga ini. Bulu tangkis sangat populer di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang hingga saati ini mendominasi cabang olahraga ini, dan juga di negara-negara Skandinavia.


Sumber: https://www.reset931.net/freeze-2-brothers-apk/