Sebanyak 241 Siswa SMP se-Jawa Barat Ikuti OSN 2018

Sebanyak 241 Siswa SMP se-Jawa Barat Ikuti OSN 2018

Sebanyak 241 Siswa SMP se-Jawa Barat Ikuti OSN 2018

 

Sebanyak 241 Siswa SMP se-Jawa Barat Ikuti OSN 2018

Sebanyak 241 siswa SMP se-Jawa Barat mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 tingkat Jawa Barat.

Mereka berjuang untuk mewakili Jawa Barat pada OSN 2018 tingkat nasional. OSN merupakan kompetisi tahunan di bidang Matematika, IPA, dan IPS. Kompetisi ini sifatnya berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Setiap juara 1 dan 2 akan mewakili ke jenjang berikutnya

Tahun ini, OSN tingkat nasional akan diselenggarakan pada Juni 2018 di Padang Sumatera Barat.  Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam, menyebutkan siswa yang mengikuti OSN adalah siswa yang memiliki kecerdasan akademik melebihi siswa lainnya di tiga mata pelajaran yang dikompetisikan.

“Dari 2 juta siswa SMP di Jawa Barat, kalian yang terbaik untuk urusan Matematika

IPA, dan IPS,” kata Firman saat membuka kegiatan di Hotel Narima Indah di Lembang Kabupaten Bandung Barat, Kamis 19 April 2018.

Tema tahun ini adalah membangun generasi berkarakter berkualitas dan kompetitif. Firman meminta para peserta memanfaatkan kesempatan dalam kompetisi ini sebagai sebuah proses pembelajaran. Kemampuan peserta sudah teruji hingga tingkat kota/kabupaten. Kemampuan mereka akan diuji lagi di tingkat provinsi.

Sementara itu, Kepala Seksi Evaluasi Program yang mewakili Direktur Pembinaan SMP Nani Sukriswandari mengatakan kompetisi ini merupakan bagian pembinaan karakter. Ia menyebutkan siswa di abad ke-21 harus memiliki karakter yang kreatif, kompetitif, mampu berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Kepala Seksi Pengembangan bidang Karir Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Jabar

Ketua Panitia yang juga Kepala Seksi Pengembangan bidang Karir Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Jabar Eha Solihat menyebutkan kegiatan OSN tingkat provinsi merupakan program tetap pemerintah yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, kecamatan, kota, dan kabupaten.

Selanjutnya diseleksi di tingkat provinsi dan para juaranya mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.  Kegiatan OSN tingkat provinsi ini diselenggarakan selama tiga hari. Juara 1 dan 2 di tiap mata pelajaran akan mewakili Jabar ke tingkat nasional pada 13 Juni 2018 sampai dengan 7 Juli 2018 di Padang Sumatera Barat.

 

Arikel Terkait: