Teknologi

Robot fleksibel ini adalah pelari cepat – dan bukan perenang yang buruk

Robot fleksibel ini adalah pelari cepat - dan bukan perenang yang buruk

Robot fleksibel ini adalah pelari cepat – dan bukan perenang yang buruk

 

 

Robot fleksibel ini adalah pelari cepat - dan bukan perenang yang buruk
Robot fleksibel ini adalah pelari cepat – dan bukan perenang yang buruk

Robot lunak telah menjadi kategori booming untuk penelitian dan manufaktur dalam beberapa tahun terakhir,

karena sejumlah karakteristik yang menguntungkan. Lapangan menjadi semakin penting untuk hal-hal seperti penggenggam robot, yang bergantung pada kepatuhan mereka untuk mengambil benda-benda rapuh seperti buah.

Kecepatan, di sisi lain, tidak cenderung menjadi kata yang sering muncul ketika membahas kategori. Tetapi sebuah tim dari Negara Bagian Caroline Utara menunjukkan bahwa gerakan cepat dan bahan lunak tidak harus saling eksklusif.

Para peneliti telah merancang robot quadrupedal yang memanfaatkan pusat yang sesuai untuk berlari kencang, dua

kaki sekaligus. Ini sedikit gerakan yang menarik, sebagaimana dibuktikan oleh video di bawah ini.

Menurut tim, LEAP dapat berlari dengan kecepatan 2,7 panjang tubuh per detik – yang membuatnya sekitar tiga kali lebih cepat dari kecepatan yang dihantam oleh robot lunak tercepat. Terlebih lagi, dengan memasang sirip, ia mampu berenang 0,78 panjang tubuh per detik, dibandingkan 0,7 yang dicapai oleh robot lunak terakhir untuk mengklaim kecepatan tertinggi.

Tim mengambil inspirasi dari cheetah – karena apa lagi yang akan Anda ambil inspirasi ketika mencoba membangun robot cepat?

“Kami terinspirasi oleh cheetah untuk membuat sejenis robot lunak yang memiliki tulang belakang, ‘bistable’, yang berarti bahwa robot memiliki dua kondisi stabil,” kata asisten profesor Jie Yin dalam rilis yang terkait dengan berita. “Kita dapat beralih antara kondisi stabil ini dengan memompa udara ke saluran yang melapisi robot silikon yang lembut. Beralih di antara kedua kondisi melepaskan sejumlah besar energi, memungkinkan robot untuk dengan cepat mengerahkan kekuatan ke tanah. Ini memungkinkan robot untuk berlari melintasi permukaan, artinya kakinya meninggalkan tanah. ”

Adapun bagian dari percakapan di mana para peneliti menyatakan kemungkinan dunia nyata untuk teknologi, sedikit

masih kabur. Tidak sepenuhnya yakin bagaimana robot kecil yang aneh bisa menemukan tempat untuk dirinya sendiri di dunia nyata; tim telah menyarankan pencarian dan penyelamatan, bersama dengan pembuatan.

Yin menambahkan, “Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan sektor swasta untuk menyempurnakan cara mereka dapat menggabungkan teknologi ini ke dalam operasi mereka.”

Baca Juga: