Pendidikan

Ragam Bahasa

Ragam Bahasa

Ragam Bahasa

Ragam Bahasa
Ragam Bahasa

Yang dimaksud dengan ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda – beda, menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara.

Hal – hal yang menyebabkan adanya ragam bahasa yaitu :
Norma sosial yang berlaku dikalangan masyarakat yang mempengaruhi bentuk komunikasi dan akhirnya berpengaruh pula terhadap bentuk bahasa.
Konteks wacana dan sosiokultural pemakainya yang memberikan kendali pada pemakaian bahasa yang tepat serta menjadi petunjuk bagi interpretasi ucapan dengan benar.
Budaya dalam pengajaran bahasa, menunjukkan bahwa tiap bangsa dengan latar belakang sosio-kurtural yang berbeda mempunyai norma berbahasa yang berbeda pula. Orang yang berbeda bahasa dan latar belakang, ketika berkomunikasi satu sama lain, akan mengalami kendala komunikasi yang terkait dengan budaya asal itu.
Dari sisi kebutuhan penutur dalam kontak sosial, sebagai alat komunikasi, bahasa berwujud varian-varian bahasa yang pemakaiannya diselaraskan dengan kebutuhan penutur dalam kontak sosialnya. Kepada siapa ia berbabahasa, bahasa apa yang digunakan, kapan dan dimana bahasa itu dipakai, merupakan gambaran tentang pemakaian bahasa dalam kontak sosial penutur yang masing-masing memerlukan pemilihan varian bahasa tertentu dalam pengungkapannya. Karena pertimbangan-pertimbangan di ataslah maka jenis suatu bahasa dan ragam suatu bahasa tertentu menjadi bervariasi.

Ilustrasi :
Daerah transmigrasi Tulangbawang I, kecamatan Manggala, kabupaten Lampung Utara, didiami paling tidak oleh empat macam suku bangsa, yaitu suku Sunda, Jawa, Lampung, dan Madura. Selain itu masih adal suku-suku lain yang datang sepintas lalu ke daerah ini untuk berbagai keperluan. Keadaan seperti ini menimbulkan peluang besar untuk munculnya ragam bahasa Indonesia di daerah lain.

Sumber : https://airborn.co.id/virtual-villagers-apk/