Umum

PROSES PEMBUATAN KAIN SINTETIS

PROSES PEMBUATAN KAIN SINTETIS

PROSES PEMBUATAN KAIN SINTETIS

PROSES PEMBUATAN KAIN SINTETIS

Namun, sebelum semua tahapan – tahapan pembuatan kain sintetis tersebut dilakukan. Anda pun juga harus mengetahui kinerja secara mekanismenya.

• GINNING ATAU PENJERATAN (MENGUBAH SERAT)

Proses ginning ini harus dilakukan setelah musim panen berlangsung. Karena panen kali ini harus langsung dipisahkan serat kapas dari tempat polongnya berada. Sehingga tahapan awal yang perlu dilakukan adalah memisahkan serat yang pada nantinya untuk dapat dijahit, dengan kulit asli dari kapas tersebut.

• SPINNING ATAU PEMINTALAN

Proses kedua yang dilakukan adalah dengan membuka bola kapas dan pemintalan benang dengan dicampur dari berbagai serat kapas agar bisa menyatu. Untuk proses setelah ini yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan sisa – sisa kotoran yang terdapat dalam serat kapas tadi. Proses ini dilakukan dalam mesin yang dinamakan mesin carding.

• WEAVING ATAU PENENUNAN

Proses weaving ini adalah proses pengubahan dari benang tadi untuk menjadi sebuah kain sintetis. Dalam prosesnya kain harus dipintal terlebih dulu. Agar, benang yang dianyam tersebut mudah untuk dijadikan sebagai kain. Selain itu, anda pun juga dapat mengontrol sedikit banyak benang yang digunakan dalam pembuatan kain ini.

• FINISHING ATAU PENYELESAIAN

Untuk proses finishing ini tidak terlalu membutuhkan tenaga seperti ketiga proses diatas. Karena dalam proses finishing ini lebih mengedepankan pemberian cairan kimia yang ada. Hal tersebut bertujuan agar, kain yang dihasilkan berkualitas serta dapat terlindung dari pancaran sinar UV atau matahari. Sehingga kain yang digunakan pada nantinya akan terasa nyaman ketika dipakai.

Dalam beberapa proses pembuatan tadi, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah proses perawatan yang akan dilakukan untuk menjaga stabilitas dari kualitas kain tersebut. Disengaja proses ini dipisah dari proses pembuatan kain sintetis, karena dalam proses ini yang dilakukan adalah menjaga bagaimana tekstur kain ini tetap terjaga tetap halus dan lembut seperti pada awal pembuatannya.


Sumber: https://obatkuatpria.id/mad-3d-apk/