Kuliner Perikanan

Prinsip-Prinsip Produksi

Prinsip-Prinsip Produksi

Prinsip-Prinsip Produksi

Prinsip-Prinsip Produksi

Ada beberapa prinsip aktivitas Produksi dalam Islam Yakni :

  1. Prinsip Tauhid

Ekonomi Islam adalah ekonomi yang berlandaskan ketuhanan, is bertitik tolak dari tuhan dan memiliki tujuan akhir pada tuhan. Tujuan ekonomi ini membantu manusia menyembah tuhannya. Prinsip ketuhanan menjadikan seorang Muslim tidak akan mengambil barang yang bukan miliknya Dan tidak akan memakan harta yang bukan haknya. Hal ini dikarenakan adanya perasaan selalu

Diawasai (Qardhawi,1997).

Prinsip tauhid adalah ajaran fundamental Islam. Prinsip ini mengatakan bahwa produsen melangsungkan kegiatanya Karena ketunduknya pads Allah dan termotivasi beribadah pada-Nya. Berdasarkan prinsip ini, Allah telah menetapkan batas, aturan, dan hukum at as aktivitas produksi yang dilakukan manusia, memegeskan kewajiban mereka oada Allah Swt. Kepada sesama manusia, dan alam semesta. Berdasakan prinsip ini, manusia dibebaskan dari belenggu materialistik walaupun secara mutlak tidak ditolak (Sukarno,2010).

  1. Prinsip Kemanusiaan

Prinsip kemanusian, pertama adalah kewajiban manusia untuk menyembah Allah Swt. Dan Memakmurkan bumi (QS Hud [11]:61) Dalam kegiatan produksi, prinsip kemanusiaan ikan secara luas dimana semua manusia mempunyai hak untuk mental total kemampuan produktifnya untuk neningkatkan kapasitas kesejateraannya. Hal ini dikarenakan manusia mempunyai kebutuhan spesifik, menjadi pengelolah dan mengambil manfaat Dari sumber daya ekonomi, serta mampu

Merekayasa keadilan sosial bagi anggota masyarakat.

  1. Prinsip Keadilan

Prinsip ini menegaskan bahwa berlaku adil dengan soap pun akan meningkatkan kapasitas produksi Dan kualitas hidup manusia. Prinsip ini misalnya dalam Surat Al-Maidah ayat 8, kata adl merupakan suatu sikap yang dekat dengan ketakwaan. Prinsip keadilan merupakan implementasi hubungan sesama manusia berdasarkan keyakinan pada allah. Karena  manusia diciptakan berdasarkan hak, kewajiban, dan tanggung jawab mana prinsip keadilan mengupayakan keadlian dalam semua konteks kehidupan, di damping itu keadilan atau keseimbangan adalah karakter Alam semsesta Dan karakter munusia yang diimplementasikan dalam kehidupannyahak-hak pekerja Dan perusahaan, menetapkan haraga produksi yang sesuai dengan kemampuan konsumen (Sukarno,2010).

  1. Prinsip Kebijakan

Prinsip imi menegaskan pemahaman bahwa  manusia harus melakukan sebanyak mungkin kebijakan dalam hidupnya. Prinsip ini memiliki imikasi vertikal Dan horizontal. Pada dimensions vertikal, prinsip ini adalah Allah dan setiap kebijakan akan mendapatkan balasan. Sedangkan dimensions horizontal kebaikan yang dilakukan sesama manusia Dan lingkungan alamnya.

  1. Prinsip Kebebasan dan Tanggung Jawab

Islam mengakui Dan menghargai kebebasan manusia Karena penciptaan manusia memiliki tujuan yang jelas (QS Ali Imran [3] 190-191 ) yaitu tidak tunduk pada apapun selain Allah (QS Luqman [31] 32).

Dalam kegiatan Produksi, prinsip kebebasan Dan tanggung jawab bersifat inheren. Kegiatan produksi mengambil manfaat, mengekplorasi, dan mengelolah dumber data ekonomi disertai larangan merusak Dan bertanggung jawab untuk melestarikannya. Hal ini menandakan bahwa prinsip kebebasan dan tanggung jawab bermakna untuk menjad manusia yang berkualitas maka setiap perbuatan bebas manusia harus mengandung implikasi moral Dan psikologis  yaitu Tanggung jawab Kepada diri,masyarakat dan tuhan-nya.