Perikanan

Pesan Informatif

Pesan Informatif

Pesan Informatif

Pesan Informatif

Menyajikan pesan informatif dan positip dapat dengan cara sebagai berikut :

  1. Berikan berita baik dan summarize [kesimpulan] topik utamanya. Termasuk tanggal kebijakan diterapkan, persentase, dll. Jika pembaca menginginkan lebih dari itu, jelaskan bahwa Anda sedang meresponnya.
  2. Berikan informasi secara detail, klarifikasi dan latar belakangnya. Jangan mengulang informasi yang pernah Anda berikan. Jawablah semua pertanyaan pembaca seperti yang mereka inginkan.
  3. Sajikan informasi negatif sepositip mungkin. Sebuah kebijakan mungkin mempunyai keterbatasan-keterbatasan; informasi menjadi tidak lengkap; pembaca mungkin mempunyai syarat-syarat tertentu mendapatkan kepuasan, diskon atau keuntungan.
  4. Terangkan manfaat kebijakan atau prosedur untuk pembaca. Tidak hanya untuk perusahaan. Berikan informasi detail untuk membuat manfaat menjadi jelas bagi pembaca dan yakinkan di dalam surat resmi.
  5. Gunakan a goodwill ending: positip, pribadi dan forward-looking

2.4              Cara penulisan Bad news & Pesan Persuasif

  1. Bad News

Strategi Pengorganisasian Pesan bad news :

  1. Menciptakan Audience centered tone
  2. Memilih pendekatan organisasional
  3. Pendekatan langsung :

–            Pembuka

–            Alasan

–            Bad news

–            Penutup

  1. Pendekatan tidak langsung: Suatu pendekatan organisasional direct approach dapat diterapkan jika :

–            Penerima pesan lebih menyukai pesan langsung ke poin yang dituju.

–            Pesan tersebut mempunyai pengaruh kecil terhadap penerima pesan.

–            Pesan disampaikan secara empati.

Sumber :

https://callcenters.id/

 

Contoh surat bad news : contoh pesan bad news: