Pendidikan

Persoalan Pokok Dalam Perekonomian

Persoalan Pokok Dalam Perekonomian

Dari uraian secara ringkas di atas diterangkan masalah makro ekonomi utama yang selalu dihadapi oleh suatu negara dapat dirincikan sebagai berikut :

  1. Masalah Pertumbuhan Ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi dapat didefinisikan sebagai perkembangan kegiatan dalam  perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat  bertambah. Kemampuan yang meningkat ini disebabkan karena faktor- faktor  produksi akan selalu mengalami pertambahan dalam jumlah dan kualitasnya. Investasi akan menambah jumlah barang modal, teknologi yang digunakan, tenaga kerja  bertambah akibat perkembangan penduduk dan perkembangan tingkat pendidikan.

  1. Masalah Kemiskinan dan Pemerataan

Pada akhir tahun 1996 jumlah penduduk miskin Indonesia sebesar 22,5 juta jiwa atau sekitar 11,4% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Namun, sebagai akibat dari krisis ekonomi yang berkepanjangan sejak pertengahan tahun 1997, jumlah penduduk miskin pada akhir tahun itu melonjak menjadi sebesar 47 juta jiwa atau sekitar 23,5% dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Pada akhir tahun 2000, jumlah penduduk miskin turun sedikit menjadi sebesar 37,3 juta jiwa atau sekitar 19% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Dari segi distribusi pendapatan nasional, penduduk Indonesia berada dalam kemiskinan. Sebagian besar kekayaan banyak dimiliki kelompok berpenghasilan besar atau kelompok kaya Indonesia.

sumber :
https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/