Pengertian Tentang Agen

Pengertian Tentang Agen

Pengertian Tentang Agen

Pengertian Tentang Agen
Pengertian Tentang Agen

Dalam ilmu ekonomi

seorang agen adalah seorang aktor dan lebih spesifik lagi adalah seorang pembuat keputusan dalam suatu model dalam beberapa aspek dalam ekonomi. Secara tipikal, setiap agen membuat keputusan dengan memecahkan masalah optimisasi atau pilihan, baik yang terdefinisi secara jelas atau tidak.

Contohnya, pembeli dan penjual adalah

Dua tipe dasar dari agen dari model keseimbangan parsial dari suatu pasar tunggal. Model ekonomi makro, seringkali membedakan rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah atau bank sentral sebagai tipe utama dari agen dalam perekonomian. Setiap agen ini mungkin memainkan peran berganda dalam perekonomian. Rumah tangga keluarga, misalnya, mungkin berperan sebagai konsumen, sebagai tenaga kerja, dan sebagai pemilih. Beberapa model ekonomi makro membedakan lebih banyak lagi jenis agen, seperti sebagai pekerja dan pembelanja atau bank komersial. https://www.dosenpendidikan.com/contoh-teks-editorial/

Suatu model ilmu ekonomi

yang mana semua agen dari tipe apa saja (seperti semua konsumen, atau semua perusahaan) adalah diasumsikan identik secara tepat yang dinamakan model agen representatif. Suatu model yang mana mengenali perbedaan diantara para agen dinamakan model agen heterogen. Para ekonom seringkali menggunakan model agen representatif saat mereka ingin menjelaskan perekonomian dalam istilah yang paling sederhana.

Kontrasnya, mereka mungkin mewajibkan

untuk menggunakan model agen heterogen saat membedakan diantara para agen yang secara langsung relevan untuk pertanyaan yang ada di hadapan. Contohnya, mempertimbangkan heterogenitas dalam usia adalah tampaknya sangat diperlukan dalam sebuah model yang digunakan untuk mempelajari efek ekonomi dari pensiun. Mempertimbangkan heterogenitas dalam kemakmuran adalah tampaknya diperlukan dalam sebuah model untuk mempelajari tabungan yang bertujuan untuk pencegahan atau redistribusi sistem perpajakan.