Pendidikan

Pengertian Tafsir Fiqih

Pengertian Tafsir Fiqih

Pengertian Tafsir Fiqih

Pengertian Tafsir Fiqih

Tafsir Fiqih ini terdiri dari dua kata; Tafsir dan Fiqih. Secara umum menurut Az-Zarkasyi para ulama sering memberikan pengertian tafsir dengan:

علم يفهم به كتاب الله المنزل على نبيه محمد صلى الله عليه وسلم وبيان معانيه واستخراج أحكامه وحكمه

“Ilmu yang dengannya digunaan untuk memahami kitab Allah (Al-Quran) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan menjelaskan makna-maknanya, serta memberikan pengetahuan tentang hukum-hukum didalamnya, dan hikmah-hikmah”

Sedangkan pengertian fiqih sering diungkap dengan:

العلم بالأحكام الشرعية العملية المكتسب من أدلتها التفصيلية

”Ilmu yang membahas hukum-hukum syariat bidang amaliyah (perbuatan nyata) yang diambil dari dalil-dalil secara rinci”

Tafsir Fiqih ini juga dikenal dengan istilah Tafsir Fuqaha, ada juga ulama yang mnyebutnya dengan Tafsir Ahkam. Penulis sendiri lebih sepakat dengan sebutan Tafsir Fiqih, karena pada dasarnya tafsir ini mempunyai corak khusus, dimana tema bahasannya seputar hukum fiqih.

Jadi fiqih itu adalah pengkhususan dari kata Ahkam yang maknanya masih umum. Didalam Al-Quran pembicaraan tentang ahkam itu meliputi tiga hal; ahkam i’tiqadiyah, ahkam khuluqiyah, dan ahkam amaliyah (fiqhiyah).

Hukum i’tiqadi membahas masalah keyakinan, tema sentralnya berbicara masalah keimanan kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, hari akhir dan takdir, lebih jelas ayat-ayat seputar hukum i’tiqadi ini aka dibahasa dalam bidang ilmu aqidah atau tauhid atau ilmu kalam.

Sedangkan hukum khuluqi membahas tentang akhlak, yang nantinya secara rinci akan dibahasa dalam ilmu tarbiyah, sehingga dari pengetahuan seperti ini diharapkan setiap muslim akam mempunyai akhlak yang baik, serta meninggalkan perilaku yang tercela.

Hukum amali adalah hukum yang berbicara tentang perilaku ‘nyata’ manusia, inilah yang disebut dengan fiqih Al-Quran yang menjadi objek bahasan para ulama dalam penulisan tafsir fiqih.

Kumpulan penafsiran atas ayat-ayat yang bertemakan fiqih inilah yang disebut dengan Tafsir Fiqih, atau Tafsir Ayat Ahkam, atau Fiqh Al-Kitab. Objek bahasannya seputar masalah fiqih ibadah; shalat, puasa, zakat, haji, nadzar, sumpah, dst, juga fiqih muamalah; berbagai aqad muamalah, jinayah, dan lain sebagainya.

sumber

Steampunk Defense 2.0.3 Apk + Mod Unlimited Money