Pendidikan

PENGERTIAN SEKRETARIS

PENGERTIAN SEKRETARIS

PENGERTIAN SEKRETARIS

PENGERTIAN SEKRETARIS

Sebelum membahasa lebih

lanjut mengenai tugas sekretaris, alangkah lebih baik jika kita semua memahami pengertian sekretaris terlebih dahulu. Sekretaris ini berasal dari bahasa lain “secretum: yang berarti rahasia.

Yang dimaksud dengan rahasia disini yaitu merupakan seorang yang mengetahui, memliki semua rahasia dalam organisasi tersebut. Dengan demikian, maka seorang sekretaris memiliki tugas untuk membantu semua orang-orang yang terlibat di dalam sebuah organisasi tersebut.

Sekretaris berasal dari bahasa latin, yaitu secretum, atau secretarium, yang artinya seseorang yang diberikan kepercayaan untuk memegang rahasia perusahaan. Sekretaris bisa juga diartikan sebagai seorang petugas yang memiliki bidang pekerjaan untuk mengurusi urusan surat menyurat, termasuk di dalamnya melakukan penyimpanan dokumen bagi seorang pejabat pimpinan sebuah organisasi, atau perusahaan.

Menurut The Liang Gie “Sekretaris juga dapat diartikan sebagai seseorang yang membantu pimpinan untuk menerika dikte, membuat konsep sura, menerima tamu, atau klien, memeriksa, serta mengingatkan pimpinan terkait dengan kewajibannya, supaya efektifitas kerja seorang pimpinan semakin meningkat.

Dari beberapa pengertian tersebut bisa ditarik kesimpulan jika sekretaris merupakan orang memegang seluruh rahasia perusahaan yang memiliki tugas untuk membantu pimpinan demi kencaran semua tugasnya.


Sumber: https://office1.co.id/2020/04/28/neo-angle-apk/