Perikanan

 Pengertian Pendidikan Islam

 Pengertian Pendidikan Islam

 Pengertian Pendidikan Islam

 Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikandalam bahasa arab adalah asal kata dari Tarbiyah yang artinya pengajaran yang berasal dari kata RabbaYaribbuTarbiyatan, dan juga dalam kata lain dalam islam adalah ta’limdengan arti sama halnya seperti Tarbiyyah yaitu pengajaran Allama berasal dari kata AllamaYuallimu Ta’liman Pendidikan dan pengajaran dalam bahasa arabnya Tarbiyah wa ta’lim Sedangkan pendidikan islam dalam bahasa arabnya adalah  Tarbiyah Islamiyah

Dalam stratifikasi penciptaan Allah SWT.Terdapat beberapa penciptaan yang beragam, diantaranya Allah menciptakan Malaikat, Syetan dan juga manusia hal ini memberikan berbeda-bedanya sipat / karakter yang berbeda-beda. Malaikat mempunyai sifat taat, syetan mempunyai sipat ma’siyat, sedangkan sifat manusia berada di tengah-tengah dua sipat tersebut yaitu antara taat dan ma’siyat, maka melihat phenomena ini manusia haruslah dididik supaya bias membedakan antara yang haq dan yang bathil

Pendidikan islam adalah suatau usah memberikan pencerahan kepada manusia supaya manusia mengenali keperibadiannya sebagai seorang muslim. Selain itu juga pendidikan islam berusaha memberikan pendidikan terhadap kerohanian dan juga kejasmanian sebagaiman kakikat islam adalah rahmatan lilalamin yaitu rahmat bagi seluruh alam.

Dalam ajaran islam manusia dituntut supaya berusaha mencari ilmu dalam kata lain harus berpendidikan yang lebih khususnya adalah pendidikan islam, karena pendidikan islam manusia akan terbentuk karakter dan kepribadian yang baik.

  1. Objek Pendidikan Islam

Pendidikan Islam mempunyai sasaran pada tiga pengembangan fungsi manusia yang mana hal itu sejalan dengan misi agama Islam yang bertujuan memberikan rahmat bagi sekalian makhluk di alam ini :

  1. Menyadarkan manusia sebagai makhluk individu, maksud mahluk individu disi adalah dimana manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kefitrahannya dimana manusia mempunyai fitrah sebagai umata muslim. Sehingga sipat muslim tersebut harus dipertahankan pada jiwa manusia.
  2. Menyadarkan manusia sebagai makhluk sosial.  Manusia sebagai mahluk sosial ini merupakan ciri bahwa manusia saling membutuhkan anatara satu sama lainnya, seperti halnya manusia tidak mungkin bias menyelesaikan masalahnya tanpa ada orang lain, maka dengan social tersebut manusia diperlukan pendidikan.
  3. Menyadarkan manusia sebagai hamba Allah SWT. Manusia adalah hamba Allah dimana manusia haruslah memposisikan dirinya sebagai hambanya, dimana manusia harus mengetahui tentang perintah dan larangan dan salahsatu alat untuk mengetahui tentang perintah dan larangan tersebut adalah dengan ilmu.

Dengan kesadaran-kesadaran tersebut, maka manusia akan termotipasi terhadap pendidikan islam, sehingga manusia akan sadar betapa pentingnya pendidikan islam.

sumber :

Life is Strange 1.00.296 Unlocked Apk + Data