Pendidikan

PENGERTIAN NORMA HUKUM

PENGERTIAN NORMA HUKUM

PENGERTIAN NORMA HUKUM

PENGERTIAN NORMA HUKUM

Setelah norma kebiasaan, ada norma yang lainnya, yakni norma hukum. Sesuai dengan namanya, norma yang satu ini berisi berbagai peraturan yang telah ditetapkan sekaligus diberlakukan oleh suatu negara. Norma hukum ini memang sengaja dibuat demikian dengan tujuan untuk menciptakan sekaligus menjaga ketertiban dalam masyarakat.

Norma hukum ini bisa dianggap sebagai pelengkap norma lain, termasuk dalam hal ini adalah norma agama, norma kesopanan dan norma kesusilaan yang akan dijelaskan kemudian. Norma hukum juga diketahui lebih menjamin terciptanya ketertiban karena norma ini mengatur bidang yang bahkan belum diatur oleh norma yang lainnya.

Bahkan norma hukum juga dengan tegas menyatakan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan terhadap norma lainnya. Bukan hanya tegas dalam hal sanksi saja, norma hukum juga bahkan memberikan perlindungan yang tegas terkait dengan keputusan yang diambil oleh seorang individu selama keputusan tersebut tidak mengarah pada hal-hal negatif.

Norma hukum ini lazimnya berlaku secara nasional dan mencakup semua wilayah yang ada di suatu negara. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, norma hukum ini sifatnya memaksa, artinya adalah mau tidak mau setiap individu yang ada di negara tersebut harus mematuhinya.

Adapun mengenai sanksi yang diterima oleh pelanggar norma hukum akan diberikan oleh penguasa yang berwenang. Diantara contoh norma hukum di Indonesia adalah dilarang mengganggu ketertiban umum, dilarang mencuri karena bertentang dengan pasal 362 KUHP, dilarang melaukan tindak kejahatan, dilarang kebut-kebutan di jalan, wajib membayar pajak dan lain-lain.

Sementara mengenai sanksi bisa berupa hukuman denda, hukuman penjara, hukuman mati, hukuman seumur hidup dan lain-lain.


Baca Juga :