Pendidikan

PENGERTIAN NORMA FORMAL DAN NON FORMAL

PENGERTIAN NORMA FORMAL DAN NON FORMAL

PENGERTIAN NORMA FORMAL DAN NON FORMAL

PENGERTIAN NORMA FORMAL DAN NON FORMAL

Pada dasarnya

norma resmi atau formal dan norma tidak resmi atau non formal merupakan norma yang dilihat dari sifat resmi atau tidaknya. Tentu saja, kedua jenis norma tersebut mempunyai pengertian yang berbeda, dimana norma resmi atau norma formal adalah norma yang memang dirumuskan atau dibentuk secara sadar dan terdapat semacam kewajiban yang tegas dan jelas untuk ditaati.

Dalam kalimat yang lain, norma resmi atau norma formal ini adalah norma yang sengaja dirumuskan oleh pihak yang berwenang dan diwajibkan untuk ditaati oleh semua anggota masyarakat. Norma resmi atau formal ini berlaku untuk semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali dan menjadi bagian dari satu kesatuan badan hukum yang dimiliki oleh masyarakat.

Proses pengenalan norma resmi atau formal biasanya dilakukan melalui proses sosialisasi dan juga pengumuman sosial. Adapun cotohnya adalah keputusan pemerintah, perundang-undangan dan lain-lain.

Sedangkan untuk norma yang sifatnya tidak resmi atau norma non formal adalah kebalikannya. Norma ini biasa dirumuskan atau dibentuk dengan cara yang tidak jelas dan pelaksanaannya juga tidak wajib untuk dilakukan oleh masyarakat. Pun demikian, biasanya norma tidak resmi atau non formal ini tetap dilakukan dan dipatuhi oleh semua anggota masyarakat yang bersangkutan.

Alasannya tidak lain adalah karena norma ini tumbuh serta berkembang bersamaan dengan kebiasaan masyarakat itu sendiri. Bahkan ada pula beberapa norma tidak resmi atau non formal yang justru kekuatannya lebih memaksa dan lebih besar dibandingkan dengan norma resmi atau formal.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/