Perikanan

Penemuan Benua Amerika

Penemuan Benua Amerika

  1. Ekspedisi Bartolomeu Dias

Sejak terputusnya hubungan dagang antara dunia Timur dengan dunia Barat karena Laut Tengah telah diblokade oleh kau muslim. Sejak saat itu para pedagang berupaya keras mencari jalan alternatif menuju dunia timur dengan menyusuri sepanjang pantai selatan amerika menuju dunia timur dengan menyusuri sepanjang pantai selatan afrika untuk mencari India yang diduga sebagai asal-usul rempah-rempah. Raja Portugis memerintahkan Bartolomeu Dias untuk menuju India. Akhirnya Bartolomeu Dias berhasil menemukan suatu daratan yang diberi nama dengan Tanjung Badai karena kapal-kapal mereka sering ditimpa badai dalam pelayaran tersebut. Sesampai kembali ke Portugis Raja Portugis memberi nama daratan Tanjung Harapan karena ada harapan besar untuk sampai ke India.

Upaya penjelajahan dilanjutkan oleh Vasco de Gama untuk memipin ekspedisi menuju daratan India. Penjelajahan dimulai dari Tanjung Harapan kemudian menuju di Zanzibar, disana bertemu dengan pedagang dari India. Vasco de Gama menyadari bahwa asal-usul rempah-rempahb itu bukan dari India, mereka mengira berasal dari Malaka, ternyata anggapan itu masih salah. Yang benar adalah dari Maluku.

  1. Penemuan Benua Amerika Oleh Kristoforus Kolumbus

Raja Spanyol bernama Ferdinand memerintahkan seorang pedagang dari Genoa bernama Kristoforus Kolumbus untuk memimpin ekspedisi mengarungi samudera guna menemukan daratan India sebagai tempat rempah-rempah. Dengan bermodalkan jiwa petualang dan keinginannya untuk membuktikan kebenaran ajaran Nicholas tentang bumi ini bulat.

     Di dalam rombongan ekspedisi terdapat seorang Italian (Genoa) bernama Amerigo Vespuci yang berperan sebagai pencatat segala hal yang dilihat, dijumpai, dirasakan dan dialami selama mengarungi samudera bersama rombongan. Catatan-catatan itu kemudian sampai ke tangan seorang profesor ilmu bumi di Universitas St. Die di Jerman Barat yang bernama Martin Waldseemuller. Ia mempelajari seluruh catatan Amerigo Vespuci, namun tidak menemukan istilah Amerika dari benua yang telah ditemukan itu, maka Prof. Martin Waldseemuller memberikan nama pada benua tersebut Amerika guna mengenang Amerigo Vespuci. Sejak saat itu hingga sekarang istilah rombongan ekspedisi di bawah pimpinan Kristoforus Kolumbus.

     Setelah Kristoforus Kolumbus meninggal dunia, penjelajahan Samudera untuk menemukan daerah baru atas nama pemerintah Spanyol dilanjutkan oleh adik kandung Kristoforus Kolumbus yang bernama Bartolome Kolumbus. Pada tahun 1496 berhasil menemukan daerah di Benua Amerika yang diberi nama Santo Domingo. Pada tahun 1508 ekspedisi di bawah pimpinan Ponce de Leon berhasil menemukan suatu daerah di bagian utara (Amerika Utara) yang diberi nama Florida. Daerah ini kelak menjadi salah satu negara bagian Amerika Serikat.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/