Perikanan

 Pemangkasan

 Pemangkasan

Pemangkasan merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada tanaman kopi dalam memperoleh produksi yang tinggi. Kegiatan ini memerlukan ketelitian dan kehati hatian karena jika terjadi kesalahan dalam pemangkasan akan menyebabkan penurunan produksi buah kopi.

Kegiatan pemangkasan ini terbagi 3 jenis, meliputi  pemangkasan bentuk yaitu pemangkasan yang dilakukan pada tanaman masih belum menghasilkan (TBM) guna membentuk percabangan yang seimbang dan membentuk kerangka tanaman seperti bentuk tajuk, tinggi tanaman dan tipe percabangan.,selanjutnya adalah pemangkasan produksi yaitu pemangkasan yang dilakukan pada tanaman yang sudah berproduksi guna mendapatkan cabang cabang primer yang baru  sehingga meningkatkan produksi buah yang akan dihasilkan dan memangkas cabang-cabang yang tidak produktif atau cabang tua. Hal ini dilakukan agar tanaman lebih fokus menumbuhkan cabang yang produktif. Selain itu, pemangkasan ini juga untuk membuang cabang-cabang yang terkena penyakit atau hama., selanjutnya adalah pemangkasan rejuvinasi (pemudaan) yaitu pemangkasan dilakukan pada tanaman yang telah mengalami penurunan produksi, hasil kuranng dari 400 kg/ha/tahun atau bentuk tajuk yang sudah tak beraturan. Pemangkasan dilakukan setelah pemupukan untuk menjaga ketersediaan nutrisi, biasanya dilakukan pada umur lebih dari 25 tahun.

Tujuan pemangkasan tanaman kopi:

1)      Untuk membentuk tanaman yang sehat dan mengatur tinggi tanaman sehingga memudahkan perawatan dan pemanenan.

2)      Pada Robusta: membentuk cabang-cabang produksi yang baru secara rutin dalam jumlah yang pas.

3)      Pada Arabika: menghilangkan cabang tua, cabang liar, cabang balik, cabang cacing, dan cabang yang tidak dikehendaki.

4)      Memudahkan masuknya cahaya dan memperlancar aliran udara dalam tajuk.

5)      Memudahkan pengendalian hama penyakit.

6)      Mengurangi terjadinya perubahan hasil yang naik turun serta dampak dari pembuahan yang berlebih.

Selain melakukan pemangkasan tanaman koipi,dilakukan juga pemangkasan tanaman pelindung/penauang. Tujuan pemangkasan pohon penaung:

  1. Melindungi tanaman kopi dari kondisi terlalu lembap dan meningkatnya serangan hama penyakit.
  2. Mengurangi kehilangan humus.
  3. Mengurangi kejadian mati pucuk akibat kelebihan produksi.Sumber :https://businessnews.id/skyhill-apk/