Perkebunan

 Orientasi Perilaku Supervisor

 Orientasi Perilaku Supervisor

Berdasarkan pandangan psikologis mengenai belajar dan mengajar serta pandangan mengenai supervisi pembelajaran, dapat diidentifikasi orientasi perilaku supervisi pembelajaran. Orientasi supervisi pembelajaran tersebut, menurut Glickman (1981) sebagai berikut:

  1. Mendengar (listening). Yang dimaksud dengan mendengar adalah supervisor mendengarkan apa saja yang dikemukakan oleh guru. Yang dikemukakan tersebut, bisa saja berupa kelemahan, kesulitan, kesalahan, masalah dan apa saja yang dialami oleh guru.
  2. Mengklarifikasi (clarifying). Yang dimaksud dengan mengklarifikasi adalah bahwa supervisor memperjelas mengenai apa yang dimaksudkan oleh guru. Jika pada mendengar (poin 1) di atas, supervisor mendengar mengenai apa saja yang dikemukakan oleh guru, maka dalam mengklarifikasi ini supervisor memperjelas apa yang dimaui oleh guru dengan menanyakan kepadanya.


  1. Mendorong (encouraging). Yang dimaksud dengan mendorong adalah supervisor mendorong kepada guru agar mau mengemukakan kembali mengenai sesuatu hal bila dirasakan belum jelas.
  2. Mempresentasikan (prenting). Yang dimaksud mempresentasikan adalah supervisor mencoba mengemukakan persepsinya mengenai apa yang dimaksud oleh guru.
  3. Memecahkan masalah (problem solving). Yang dimaksud dengan memecahkan masalah adalah supervisor bersama-sama dengan guru memecahkan masalah-masalah yang dihadap oleh guru.
  4. Negosiasi (negotiating). Yang dimaksud dengan negosiasi adalah berunding. Dalam berunding demikian, supervisor dan guru membangun kesepakatan-kesepakatan mengenai tugas yang harus dilakukan masing-masing atau bersama-sama.
  5. Mendemonstrasikan (demonstrating) yang dimaksud dengan mendemostrasikan adalah bahwa supervisor mendemonstrasikan tampilan tertentu dengan maksud agar dapat diamati dan ditirukan oleh guru.
  6. Mengarahkan (directing) yang dimaksud dengan mengarahkan adalah bahwa supervisor mengarahkan agar guru melakukan hal hal tertentu.
  7. Menstandarkan (standardization).Supervisor mengadakan penyesua-ian-penyesuaian bersama dengan guru.
  8. Memberikan penguat (reinforcing). Supervisor menggambarkan kondisi-kondisi yang menguntungkan bagi supervisi pembelajaran.

Seperti itulah kesepuluh perilaku supervisor dalam melaksanakan supervisi pembelajaran.

 

sumber :

Aviation Empire Apk + Mod (Unlimited Money) v1.8.2 for android