Mengenal Asal Usul Apollo

Mengenal Asal Usul Apollo

Mengenal Asal Usul Apollo

Mengenal Asal Usul Apollo
Mengenal Asal Usul Apollo

Apollo

(bahasa Yunani:Απόλλων, Apóllōn; atau Απελλων, Apellōn) adalah Dewa matahari, pertanian, tarian, nubuatan, cahaya, pepanah, dewa pengobatan, yang mengajarkan obat-obatan pada manusia, dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Dewa pemberikebijaksanaan dan juga dewa kebenaran yang tidak bisa berkata dusta.Apollo adalah dewa perantara antara dewa dan manusia.

Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Kemudian Dewa Apollo melanjutkan kejayaan pemerintahan ayahnya Dewa Zeus.

Orakelnya di Delphi sangat terkenal

Banyak orang dari seluruh Yunani yang mengunjungi orakelnya untuk mencari tahu mengenai masa depan mereka. Apollo adalah dewa musik yang digambarkan selalu memainkan kecapi emas dan merupakan seorang dewa pemanah yang sering memanah dengan busur peraknya. Pohon Laurel, burung gagak dan hewan lumba-lumba dikeramatkan untuknya.


Dengan kepandaian yang tinggi, bagai anak panah yang lepas dari busurnya, dikisahkan, Apollo adalah dewa pertama yang mengajar manusia seni pengobatan dan penyembuhan termasuk lewat musik.

Apollo banyak membantu manusia mencapai potensi sepenuhnya dengan anugerah pencerahannya. Selama perang Troya, Apollo berpihak dan menolong prajurit Hector di medan laga. Dan pada saat yang genting, ia lepaskan anak panah berapi ke orang-orang Yunani dari kereta perangnya di langit.

Berabad-abad kemudian

ketika manusia menjelajahi angkasa, dengan tepat mereka menamakan misi ke bulan: Apollo, nama dewa yang mengilhami manusia untuk mencapai angkasa.

Kekasih Dewa Apollo adalah Hyakinthos, seorang pangeran muda yang sangat tampan dari kerajaan Sparta, putra Raja Amyclas. Bangsa Sparta adalah bangsa yang senang berperang dan kehidupan bangsa Sparta diwarnai dengan nuansa militer yang kental. Sejak kecil para remaja Sparta didik untuk menjadi homoseksual.

 

(Sumber: https://weareglory.com/)