Pendidikan

 Memilih dan Menentukan Harga Transfer yang benar

 Memilih dan Menentukan Harga Transfer yang benar

            Harus mempertimbangkan 3 (tiga) faktor yang dipertimbangkan dalam memutuskan apakah akan melakukan transfer-transfer internal atau tidak, yaitu :

  1. Apakah terdapat pemasok dari luar?

Jika tidak ada harga pasar, maka harga transfer yang paling baik adalah berdasarkan biaya atau negosiasi. Jika ada maka perlu mempertimbangkan biaya variabel penjual.

  1. Apakah biaya variabel penjual lebih kecil dari pada harga pasar?

 jika tidak maka harga jual penjual lebih tinggi dari harga pasar, sebaiknya membeli di luar (pasar). Sebaliknya jika ya biaya variabel penjual lebih rendah dari harga pasar, dan harga penjual lebih rendah maka sebaiknya membeli di dalam.

  1. Apakah unit penjual beroperasi pada kapasitas penuh?

 jika tidak berarti penjual penjual harus menjediakan bagi pembeli internal dan harga transfer berada diantara harga variabel dan harga pasar, jika ya perlu menentukan dan membandingkan penghematan biaya penjualan internal VS biaya oportunitas atas penjualan yang hilang pada unit penjualan.

  1. Tunjuan Dan Prinsip Harga Tranfer

            Tujuan harga Transfer :

 Memberikan informasi yang relevan kepada masing-masing unit usaha dalam penentuan transfer yang optimum antara pendapatan dan biaya.

 Menghasilkan keputusan yang selaras (goal congruence), karena system yang digunakan untuk kepuutusan dapat meningkatkan laba usaha yang akan meningkatkan laba perusahaan.

 Membantu pengukuran kinerja ekonomi unit usaha.

 Sistem yang mudah dimengerti dan dikelola.

Prinsip Dasar :

Harga transfer sebaiknya sama dengan harga yang akan dikenakan seandainya produk tersebut dijual ke pasar atau dibeli dari pemasok. Prinsip ini sulit ekonomi klasik harga jual = biaya marginal, karena labanya optimum (tetapi tidak realistis bagi harga transfer). Oleh sebab itu ada kebijakan dalam penentuan harga transfer dimulai dari yang sederhana sampai dengan yang ideal, atau mudah.

  1. Mekanisme Penyelesaian Konflik

            Bila terjadi konflik antara unit penjual (produksi) dan unit pemakai (pembeli), dilakukan dengan membentuk Komite Harga Transfer yang paling ekstrim, yang memiliki 3 (tiga) tanggung jawab :

1.Menyelesaikan arbitrasi harga transfer.

  1. Meninjau alternatif perolehan sumber daya (jika ada).

3.Mengubah peraturan harga transfer jika diperlukan.

sumber :
https://situsiphone.com/gb-whatsapp-apk/