Media Komunikasi

Media Komunikasi

Media Komunikasi

Media Komunikasi
Media Komunikasi

Kata media dalam KBBI V1.1

diartikan sebagai alat atau sarana, sedangkan komunikasi adalah penerimaan dan pengiriman pesan. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa media komunikasi adalah alat atau sarana yang akan mengantarkan pesan dalam proses komunikasi. Dalam pengertian lain media komunikasi adalah semua sarana yang dipakai untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan ataupun menyebarkan dan juga menyampaikan informasi.

Media komunikasi

disebut sebagai alat untuk memperlancar proses komunikasi karena dalam kenyataanya mampu berfungsi sebagai alat:

1)         Mempermudah penyampaian pesan atau informasi.

2)         Membangkitkan motivasi komunikan.

3)         Mengefektifkan proses penyampaian informasi.

4)         Mempersingkat waktu penyampaian informasi.

5)         Menghubungkan komunikan dan komunikator yang berjauhan.

6)         Menambah daya tarik informasi atau pesan yang akan disampaikan.

7)         Memperjelas isi dan maksud informasi yang akan disampaikan.

Media komunikasi sebagai alat penghubung pesan dari komunikator kepada komunikasn memiliki beberpa jenis, berikut adalah jenis-jenis media komunikasi:

1)         Berdasarkan Alat yang Digunakan

Berdasarkan alat yang digunakan media komunikasi dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Media komunikasi audio (pendengaran)

Audio artinya sesuatu yang bersifat dapat di dengar. Jadi media komunikasi audio adalah suatu alat bantu komunikasi yang memancarkan suara, sehingga memungkinkan komunikasi dapat ditangkap melalui saluran pendegaran. Contohnya: radio dan telpon.

  1. Media komunikasi visual (penglihatan)

Visual artinya sesuatu yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata). Jadi media komunikasi visual adalah suatu alat bantu komunikasi yang memancarkan tulisan dan atau gambar, sehingga memungkinkan komunikasi dapat ditangkap melalui saluran penglihatan. Contohnya: surat, brosur, poster, spanduk, dan media cetak (surat kabar, majalah, tabloid).

  1. Media komunikasi audio-visual (pendengaran dan penglihatan)

Audio-visual artinya sesuatu yang dapat di dengar dan dapat dilihat. Jadi media komunikasi audio-visual adalah suatu alat bantu komunikasi yang dapat memancarkan suara disertaitulisan dan atau gambar, sehingga memungkinkan komunikasi dapat ditangkap melaui saluran pendengaran dan penglihatan. Contohnya: televisi, video dan film.

2)         Berdasarkan Sasarannya

Berdasarkan sasarannya, media komunikasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

  1. Media komunikasi umum

Media komunikasi umum adalah alat komunikasi yang dapat ditujukan kepada sasaran tunggal, kelompok atau masa. Contoh media atau alat yang dapat digunakan dalam komunikasi umum untuk sasaran tunggal antara lain; telepon, telegram, surat, e-mail. Untuk sasaran kelompok antara lain berupa: surat, telegram, email, brosur, plakat, spanduk, dan internet. Untuk sasaran masa antara lain berupa; brosur, spanduk,internet, surat kabar, majalah, radio, televisi, video dan film.

  1. Media komunikasi masa

Media komunikasi masa adalah alat komunikasi yang digunakan khusus untuk tujuan komunikasi masa. Sifat dari komunikasi masa adalah komunikasi satu arah, yaitu komunikator kepada khalayak (masa). Contoh media atau alat yang digunakan untuk komunikasi masa antara lain; media cetak (surat kabar, majalah, tabloid), media audio (radio), media audio visual (televisi, film, video), dan media luar ruangan (spanduk, poster, balon,billboard, baliho, neon-sign).

Sumber: https://sel.co.id/