Umum

Manfaat Serat Ulat Sutera

Manfaat Serat Ulat Sutera

Manfaat Serat Ulat SuteraManfaat Serat Ulat Sutera

Ulat sutera merupakan salah satu sumberdaya alam Indonesia. Kebanyakan ulat sutera yang dibudidayakan adalah ulat sutera jenis Bombyx mori untuk penghasil usaha benang sutera. Namun ada jenis Ulat sutera liar (Criculla trifenestrata) dan kepompong ulat sutera liar ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat aneka aksesoris serupa emas. Seperti bros, gelang, kalung, dsb. Berikut adalah penjelasan tentang manfaat yang dihasilkan ulat sutera dari seratnya.

Manfaat Serat Ulat Sutera. Ulat sutera merupakan salah satu sumberdaya alam Indonesia. Kebanyakan ulat sutera yang dibudidayakan adalah ulat sutera jenis Bombyx mori untuk penghasil usaha benang sutera .

Manfaat Serat Ulat Sutera
Manfaat serat sutera antara lain untuk bahan pakaian yang bermutu tinggi seperti bahan pakaian wanita, kaus kaki wanita, dasi, sapu tangan, untuk keperluan alat – alat rumah tangga seperti kain gorden, seprei, untuk benang jahit, benang sulam, isolasi listrik, kain parasut, senar alat – alat musik, dan lain-lain. Kain sutera terkenal karena keindahan dan kehalusannya. Pakaian dari kain sutera walaupun mahal tetap saja diminati.

Berikut adalah beberapa kegunaan dari bahan serat ulat sutera:

Untuk lenan rumah tangga seperti alas kasur, sarung bantal, alas meja, lover, serbet, dan lain-lain.
Untuk bahan pakaian seperti pakaian anak, pakaian sekolah, pakaian kerja, dan lain-lain.
Sebagai bahan dasar kosmetik seperti kapas pembersih, spon bedak, dan lain-lain.
Untuk keperluan kedokteran seperti perban.
Bahan dari serat kapas yang diperdagangkan di pasar antara lain popline, blacu, berkoline, kain putih, drill, voal, dan rubia

Ulat sutera mengeluarkan air ludah atau liur yang mengandung protein, itulah bahan pembentukan kokon. Kokon berfungsi sebagai pelindung dari proses perubahan ulat menjadi kepompong sebelum akhirnya menjadi dewasa. Kokon-kokon ini dikumpulkan, kemudian diolah menjadi benang sutera. Selanjutnya benang ini ditenun menjadi kain Disamping menghasilkan kain sutera ulat sutera bermanfaat pula dalam penelitian biologi, ekologi, genetika, fisiologi dan kimia. Manfaat serat sutera adalah sebagai tekstil yang bermutu tinggi, bahan baku payung udara (parasut) dan benang bedah sutera.

 

Sumber: https://robinschone.com/facebook-tampilkan-logo-untuk-kenali-sumber-artikel/