Manfaat Penelitian Sosiologis

Manfaat Penelitian Sosiologis

Manfaat Penelitian Sosiologis

Manfaat Penelitian Sosiologis

Pengertian Penelitian Sosiologis

Penelitian sosiologis merupakan bagian dari penelitian dalam bidang ilmu-ilmu sosial. Soerjono Soekanto mengatakan bahwa penelitian sosiologis merupakan suatu proses pengungkapan kebenaran berdasarkan penggunaan konsep-konsep dasar yang dikenal dalam sosiologi. Konsep-konsep dasar tersebut berfungsi sebagai sarana ilmiah dalam rangka mengungkapkan kebenaran yang terdapat dalam kehidupan masyarakat.

Adapun beberapa konsep dasar yang dimaksudkan antara lain:

adalah kelompok sosial, interaksi sosial, kebudayaan, lembaga, lapisan sosial, kemajemukan sosial, kekuasaan dan wewenang, masalah sosial perubahan sosial, dan lain sebagainya. Di dalam penelitian sosiologis, peneliti menggunakan seperangkat metode ilmiah yang bersifat sistematis.

Penelitian sosiologis sangat penting untuk dilaksanakan karena hasil penelitiannya dapat dipergunakan untuk:

  • pengembangan dalam ilmu-ilmu sosial yang lain mengingat pusat perhatiannya adalah kehidupan masyarakat,
  • data dan kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian sosiologis dapat dipergunakan untuk mendukung program pembangunan yang sedang digalakkan.
Di dalam penelitian sosiologis peneliti dapat melakukan identifikasi terhadap unsur-unsur yang kondusif maupun unsur-unsur yang tidak kondusif bagi proses pembangunan.

Data-data penting yang diperoleh dalam penelitian sosiologis yang diperlukan bagi proses pembangunan antara lain:

  • Kelompok-kelompok sosial sebagai bagian dari suatu masyarakat.
  • Lembaga-lembaga sosial sebagai kebutuhan manusia dalam kehidupan masyarakat.
  • Pola interaksi sosial yang berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun program pembangunan.
  • Nilai-nilai kebudayaan yang terkandung dalam suatu masyarakat yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program pembangunan.
  • Stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat yang dapat dipergunakan untuk mengidentifikasikan kelompok-kelompok yang mendukung maupun yang tidak mendukung terhadap program pembangunan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya: