Perkebunan Pertanian

Lingkungan Pendidikan Keluarga

Lingkungan Pendidikan Keluarga

Lingkungan pendidikan keluarga merupakan pengelompokan primer yang terdiri dari sejumlah keluarga kecil karena hubungan sedarah. Keluarga bisa berbentuk keluaga inti (nucleus family:ayah,ibu,anak),ataupun keluarga yang diperluas (disamping inti: kakek,nenek,ipar dsb).

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama, di dalamnya terdapat hubungan-hubungan yang bersifat langsung, karena manusia pertama kalinya memperoleh pendidikan di lingkungan ini sebelum mengenal lingkungan yang lain. Selain itu manusia mengalami proses pendidikan sejak lahir bahkan sejak dalam kandungan. Disitulah berkembang individu dan terbentuknya tahap-tahap awal proses pemasyarakatan. Melalui interaksi tersebut diperoleh pengetahuan, keterampilan, minat, nilai-nilai,emosi dan sikapnya dalam hidup, dan dengan itu diperoleh ketenangan dan ketentraman.

 Keluarga sebagai lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam membentuk generasi muda. Keluarga disebut pula sebagai lembaga pendidikan informal. Pendidikan informal adalah kegiatan pendidikan yang tidak diorganisasikan secara struktural dan tidak mengenal penjenjangan kronologis menurut tingkatan umum maupun tingkatan  keterampilan dan pengetahuan.

Lingkungan keluarga berpengaruh kepada anak dari sisi : perlakuan keluarga terhadap anak, kedudukan anak dalam keluarga, keadaan ekonomi keluarga, keadaan pendidikan keluarga dan pekerjaan orang tua.

Fungsi dan peranan pendidikan keluarga yaitu :

  1. a)Pengalaman pertama masa kanak-kanak

Lingkungan pendidikan keluarga memberikan pengalaman pertama yang merapakan faktor penting dalam perkembangan pribadi anak. Suasana pendidikan keluarga ini sangat penting diperhatikan, sebab dari sinilah keseimbangan jiwa di dalam perkembangan individu selanjutnya ditentukan.

  1. b)Menjamin kehidupan emosional anak

Melalui pendidikan keluarga ini, kehidupan emosional atau kebutuhan akan rasa kasih sayang dapat dipenuhi atau dapat berkembang dengan baik, hal ini dikarenakan adanya hubungan darah antara pendidik dengan anak didik,

  1. c)Menanamkan dasar pendidikan moral

Di dalam keluarga juga merupakan penanaman utama dasar-dasar moral bagi anak, yang biasanya tercermin dalam sikap dan perilaku orang tua sebagai teladan yang dapat di contoh anak.

  1. d)Peletakan dasar-dasar agama

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling baik untuk meresapkan dasar-dasar kehidupan beragama, dalam hal ini tentu terjadi dalam keluarga. Anak-anak seharusnya dibiasakan ikut serta ke masjid bersama-sama untuk menjalankan ibadah, mendengarkan khutbah atau ceramah keagamaan, kegiatan seperti ini besar sekali pengaruhnya terhadap kepribadian anak.

  1. Lingkungan Pendidikan Sekolah

Sekolah merupakan lingkungan pendidikan sekunder yang mendidik anak mulai dari usia masuk sekolah  sampai keluar sekolah dengan pendidikan yang mempunyai kompetensi profesional, personal, sosial dan pedagogis. Persekolahan seringkali diidentifikasikan sebagai lembaga pendidikan formal, karena persekolahan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang pengelolaannya dengan aturan yang ketat.

Sekolah adalah pendidikan yang mempunyai dasar, tujuan, isi, metode, alat-alatnya disusun secara eksplisit, sistematis dan distandarisasikan. Penjabaran fungsi sekolah sebagai pusat pendidikan formal, terlihat pada tujuan institusional, yaitu tujuan kelembagaan pada masing-masing jenis dan tingkatan sekolah. Di Indonesia lembaga pendidikan formal Sekolah Dasar , Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang terdiri dari sekolah menengah umum dan kejuruan, serta perguruan tinggi dengan aneka ragam bidangnya. Tujuan institusional untuk masing-masing tingkat atau jenis pendidikan, pencapaiannya di topang oleh tujuan kurikuler dan tujuan instruksional.

Dasar tanggung jawab sekolah akan pendidikan meliputi tanggung jawab formal kelembagaan (sesuai ketentuan dan perundangan pendidikan yang berlaku), tanggung jawab keilmuan (isi, tujuan dan jenjang pendidikan yang dipercayakan padanya oleh masyarakat dan pemerintah).

Pos-pos Terbaru