Umum

Kunyit, Si Kuning Yang Menyehatkan dan Kaya Manfaat

Kunyit, Si Kuning Yang Menyehatkan dan Kaya Manfaat

Kunyit, Si Kuning Yang Menyehatkan dan Kaya ManfaatKunyit, Si Kuning Yang Menyehatkan dan Kaya Manfaat

Kunyit. Salah satu rempah-rempah yang mudah dijumpai di pasar. Disukai ibu-ibu karena menjadi salah satu unsur penting dalam membuat masakan.

Kunyit biasanya dikonsumsi sebagai minum herbal. Yaitu jamu kunyit asem. Atau sebagai pewarna makanan. Yaitu untuk nasi kuning. Namun ada juga yang memanfaatkan kunyit sebagai obat.

Nah, untuk urusan obat. Saya punya pengalaman dalam memanfaatkan kunyit sebagai obat. Yakni sebagai obat penyakit lambung dan menghentikan muntah akibat asam lambung yang tinggi.

Ramuan kunyit & madu. (Dokpri)

Orang rumah ada yang terkena sakit maag akut. Bahkan sampai pernah masuk rumah sakit. Keluar dari rumah sakit tidak sembuh juga. Masih kerap mual bahkan muntah-muntah lagi. Minum obat sudah tidak menerima lagi perutnya. Kasihan toh?

Akhirnya saya Googling di Embah Goegle. Menemukan resep mengobati maag dengan kunyit. Akhirnya saya coba resep tersebut. Ternyata ampuh. Ajaib loh! Si sakit sudah tidak muntah-muntah lagi dan semua makanan sudah bisa diterima lagi oleh perutnya. Tentu saja makanan yang bukan pantangannya ya? Kalau makanan pantangan masih dilahap juga namanya cari penyakit.

Berikut ini resep dari kunyit tersebut:

1 . Siapkan kunyit untuk diparut. Sebaiknya kunyit biang. Jenis kunyit yang besar-besar bongkolnya.

Kunyit biang.(dokpri)

2 . Kupas dan cuci bersih

3 . Parut lalu peras tanpa air. Jadi hanya diambil sari patinya saja.

4 . Tambahkan madu secukupnya.

5 . Ramuan kunyit siap untuk diminum

Mudah bukan? Itu salah satu manfaat kunyit yang sudah saya buktikan sendiri. Pada dasarnya setiap rempah-rempah yang kita jumpai memiliki banyak manfaat. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya saja.

Begitu juga dengan kunyit yang sudah diketahui memiliki banyak manfaat. Jamu kunyit asem sendiri dipercaya bagus untuk melangsingkan tubuh. Tinggal bagaimana kita meyakini hal tersebut saja.

Sebab ada yang cocok dengan ramuan dari kunyit. Ada juga yang tidak. Masing-masing individu memiliki kepercayaan, pengalaman dan keyakinan sendiri. Dan ini pengalaman yang saya alami dan buktikan sendiri. Selamat mencoba. (EP)

 

Pos-pos Terbaru