Pendidikan

Komunikasi dengan anak

Komunikasi dengan anak

Tak jarang didapatkan orang tua yang tak pernah “menyempatkan diri untuk ngobrol, sharing dengan anak. Komunikasi dengan buah hati tak perlu harus dengan suasana yang formal, yang membentang jarak orang tua dengan anak. Justru dengan suasana yang santai dan bersahabat akan membuat anak merasa nyaman untuk bercerita apa saja dengan orang tua. Ketika dia menceritakan tentang kemarahan, mungkin orang tua punya kesempatan untuk mendinginkan hatinya, mengajaknya berpikir positif agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

2.   Akibat Psikologis Yang timbul Saat Menjalani Pidana

 
a.    Loos of personality, seorang narapidana selama dipidana akan kehilangan kepribadian diri, identitas diri, akibat peraturan dan tata cara hidup di lembaga Pemasyarakatan.
b.   Loos of security, selama menjalani pidana, narapidana selalu dalam pengawasan petugas sehingga narapidana merasa selalu dicurigai danmerasa selalu tidak dapat berbuat sesuatu atau bertindak karena takut kalau tindakannya merupakan suatu kesalahan yang dapat berakibat dihukum atau mendapat sanksi.
c.   Loos of liberty, hilangnya kemerdekaan individual, misalnya kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan membaca surat kabar secara bebas, melakukan hobby.
d.   Loos of personal communication, kebebasan untuk berkomunikasi terhadap siapapun juga dibatasi.
e.    Loos of good and service, narapidana juga merasakan kehilangan akan pelayanan.
f.      Loos of heterosexual, selama menjalani pidana, narapidana ditempatkan dalam blok-blok sesuai dengan jenis kelaminnya. Penempatan ini menyebabkan narapidana juga merasakan betapa naluri seks, kasih sayang, rasa aman bersama keluarga ikut terampas, yang akan menyebabkan adanya penyimpangan seksual.
g.    Loos of prestige, narapidana juga telah kehilangan harga dirinya.
h.    Loos of belief, akibat dari berbagai perampasan kemerdekaan, sebagai dampak dari pidana penjara, narapidana menjadi kehilangan akan rasa percaya dirinya yang disebabkan oleh ketidaknyamanan dalam penjara, tidak dapat membuat keputusan, kurang mantap dalam bertindak, dll.
i.      Loos of creativity, selama menjalani pidana, narapidana juga terampas kreatifitasnya, ide-idenya, gagasannya, imajinasinya, bahkan juga impian dan cita-citanya.
 
Dampak psikologis yang dialami narapidana tersebut banyak dialami narapidana pada awal masa pidana, hal tersebut dikarenakan karena narapidana masih membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan tata tertib yang ada.
sumbaear  :