Kuliner Pendidikan

Jenis-Jenis Struktur Pasar

Jenis-Jenis Struktur Pasar

  1. Pasar Persaingan Sempurna

Merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dianggap struktur pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau insdustri di mana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

  1. a)Perusahaan adalah pengambil harga

Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.

  1. b)Setiap perusahaan mudah ke luar atau masuk

Jika perusahaan mengalami kerugian dan ingin meninggalkan industri tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya jika ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, maka dapat dengan mudah hal tersebut dilakukan.

  1. c)Menghasilkan barang serupa

Tidak terdapat perbedaan yang nyata di antara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya. Istilah barang tersebut adalah barang identicial atau homogenous.

  1. d)Terdapat banyak perusahaan di pasar

Perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan di dalam pasar.

  1. e)Pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar

Pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.

Dalam pasar persaingan sempurna, keputusan mengenai jumlah output perusahaan secara individual tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan untuk keputusan mengenai penentuan harga, kurva permintaan menggambarkan secara horizontal, oleh karena itu harga dianggap konstan, berapapun output yang dihasilkan. Dengan demikian, maka laba total akan didapat pada saat: MR = P = MC sepanjang P > AVC.

  1. Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakanpersaingan sempurna:

1)      Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)

2)      Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi sempurna (perfect knowledge).

3)      Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output).

4)      Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker).

5)      Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit.)

 

Pos-pos Terbaru