Perkebunan

      Internet Commerce

      Internet Commerce

      Internet Commerce

      Internet Commerce

Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian produk dimana produk akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet, harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat. Internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah, serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran produk sampai di tempat pemesan.

Proses yang terdapat dalam E-commerce (Electronik commerce atau internet commerce) adalah sebagai berikut:

  1. Presentasi electronic (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
  2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
  3. Secara otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit)
  4. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.

Contoh E-commerce diantaranya yaitu:

  1. Pembelian buku melalui online
  2. Pembelian elektronik melalui online
  3. Pembelian kendaraan melalui online
  4. Pembelian pakaian melalui online, dll

BAB III

KESIMPULAN

Dari hasil pembahasan tentang penulisan Surat Memo & E-mail, Penulisan Direct Request, Good news & Pesan informatif, Bad news & Pesan persuasif. Serta Pengertian, dimana & Penggunaan dari Elektronik market, Elektronik data interchange, dan Internet commerce maka diambil kesimpulan :

Dalam menulis pesan e-mail dan memo memberikan manfaat penting. Yaitu, dokumen yang ditulis dengan baik cenderung mencapai tujuannya. Kemudian maksud direct request adalah untuk mendapatkan suatu respon dari para pembaca apakah menjawab pertanyaan, mengirim barang atau jasa, atau suatu tindakan lain. Pesan-pesan good news pada umumnya menggunakan pendekatan langsung yang memungkinkan para pembaca secara langsung dapat mengetahui apa maksud penyampaian suatu pesan. Sedangkan Pesan bad news adalah untuk menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan dengan tetap menjaga atau memperhatikan bagaimana dampaknya bagi audiens.