Infak dan Sedekah Sederhana

Infak dan Sedekah Sederhana

Infak dan Sedekah Sederhana

Infak dan Sedekah Sederhana
Infak dan Sedekah Sederhana

Infaq dan Sedekah

Infaq dan sedekah tidak harus dilakukan dengan mengeluarkan banyak harta yang dimiliki. Jika mampu dilakukan maka lebih baik jika hal tersebut dilakukan. Tetapi jika tidak mampu maka tidak harus dipaksa. Dalam infaq misalnya tidak mampu bisa dilakukan dengan membantu mengumpulkan infaq tersebut. Misalnya dalam pengumpulan zakat fitrah, ia bisa masuk dalam kenaggotaan panitia pengumpul zakat. Lalu bagaimana dengan sedekah? Sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk saat berbuat baik dengan orang lain dengan bersikap ramah, santun dan tersenyum saat berjumpa dengan orang lain bahkan dengan menjenguk orang yang sedang sakit apalagi ditambah dengan membantu biaya pengobatannya khusunya bagi orang yang kurang mampu. Infaq dan sedekah tidak harus dilakukan dengan memaksakan tetapi bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Infaq dan sedekah untuk membantu orang lain

Infaq dan sedekah dilakukan untuk membantu orang lain. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menginfaqkan kelebihan hartanya di jalan Allah SWT maka Allah akan melipatgandakan dengan tujuh ratus (kali lipat). Dan barangsiapa yang berinfaq untuk dirinya dan keluarganya, atau menjenguk orang sakit, atau menyingkirkan duri, maka mendapatkan kebaikan dan kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Puasa itu tameng selama ia tidak merusaknya. Dan barangsiapa yang Allah uji dengan satu ujian pada fisiknya, maka itu akan menjadi penggugur (dosa-dosanya).”(HR. Ahmad). Tidak perlu meragukan kabar yang telah dibawa oleh Rasulullah SAW. Selama kita meyakini dan menjalankannya tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Selain itu melalui segala hal yang dikabarkan Rasulullah SAW tersebut siapa yang tidak tergiur untuk selalu melakukan infaq dan sedekah walau hanya menengok orang yang sakit.

Baca Juga: Kalimat Syahadat

Infaq dan sedekah mempererat tali persaudaraan dengan sesama

Infaq dan sedekah yang dilakukan satu sama lain dapat mempererat tali persaudaraan yang terjalin dengan sesamanya. Baik infaq maupun sedekah yang dilakukan seringkali dapat menumbuhkan perasaan kasih sayang antar sesamanya. Dalam sebuah kampung tradisi salaing membantu sangat kuat terjalin. Misalnya ada salah satu tetangga yang sedang sakit maka tetangga yang lain datang untuk menjenguk. Jika ada tetangga yang sedang melahirkan tetangga yang lain juga datang menjenguk serta membantu segala kebutuhan yang diperlukan. Misalnya menyediakan minum para tamu, membantu membereskan alat-alat dapur yang kotor, kemudian membantu alat-alat yang diperlukan misalnya popok bayi, sabun mandi untuk bayi, bedak, serta sabun cuci yang nantinya akan dipakai untuk membersihkan popok bayi yang kotor. Hal semacam itu membuat persaudaraan di kampung akan semakin erat. Hanya sekedar infaq dan sedekah yang dilakukan dengan cara sederhana namun tetap memiliki arti tersendiri bagi masing-masing orang.