Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro
Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mengkhususkan mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan. Tujuan ilmu ekonomi makro adalah untuk memahami peristiwa/fenomena ekonomi dan untuk memperbaiki kebijakan ekonomi.

Dari sini diperoleh gambaran bahwa ilmu ekonomi makro bukanlah alat/doktrin perekonomian akan tetapi metode yang berguna untuk membantu mengembangkan pemikiran tentang bagaimana cara bekerja dan memperbaiki kondisi perekonomian.

Secara umum permasalahan dalam ekonomi makro dapat dibagi menjadi dua yaitu:

1. Masalah jangka pendek atau kadang disebut juga masalah stabilisasi. Masalah ini berhubungan dengan bagaimana men”drive” perekonomian dari suatu periode ke periode berikutnya dalam jangka pendek (bulan, tahun) agar dapat terhindar dari masalah ekonomi makro yaitu: a. inflasi yang besar dan berkepanjangan, b. Tingkat pengangguran terbuka yang besar, dan c. Ketimpangan dalam neraca pembayaran.

2. Masalah jangka panjang atau kadang disebut juga sebagai masalah pertumbuhan. Masalah ini berhubungan dengan bagaimana men”drive” perekonomian agar tetap berada dalam kondisi keserasian antara pertumbuhan jumlah penduduk, pertambahan kapasitas produksi dan tersedianya dana untuk investasi (dengan program penggalakan tabungan masyarakat).

Sumber : https://www.diigo.com/item/note/74×26/058o?k=28ad883a2d2df097782a442a3d8a5786