Hasad, bahaya iri dan dengki serta 4 cara menghindari sifat hasad

Hasad, bahaya iri dan dengki serta 4 cara menghindari sifat hasad

Hasad, bahaya iri dan dengki serta 4 cara menghindari sifat hasad

Hasad, bahaya iri dan dengki serta 4 cara menghindari sifat hasad
Hasad, bahaya iri dan dengki serta 4 cara menghindari sifat hasad

Hasad adalah peyebab meninggalkan berdoa meminta karunia allah. Orang yang hasad selalu memikirkan nikmat yang ada pada orang lain, sehingga tidak pernah berdoa meminta karunia allah padahal allah SWT berfirman :

Qura’an surah An-nis : 32

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”

hasad

Hasad merupakan perilaku kelanjutan dari perasaan dengki. Rasa itu berupa keinginan mengambil atau merusak nikmat orang lain. Betapa buruk dan kejinya sifat hasad ini sehingga rasulullah menyebutkan seperti api yang membakar kayu api.

Hasad, bahaya iri dan dengki serta 4 cara menghidari sifat hasad (penyakit hati)
iri hati, dengki, hasad umpama kayu dilahap oleh api

Hasad muncul dari perasaan di bedakan atas orang lain oleh allah. Para ulama membagi hasad menjadi dua , yakni

#1. Membenci seseorang yang memperoleh kenikmatan kemudian mengharapkan kenikmatan segera lenyap

#2. Seseorang pendengki mengharpkan kenikmatan tersebut berpindah kepadanya

pengertian hasad menurut para ulama antara lain

#1. Menurut Al-jurjani Al-hanafi dalam kitabnya , hasad adalah menginginkan atau mengharapkan hilangnya nikmat dari orang yang dengki supaya berpindah kepadanya (orang yang mendengki atau hasad)

#2. Menurut imam Al-Ghazali hasad ialah membenci nikmat allah swt. Yang ada pada diri seseorang serta meyukainya hilangnya nikmat tersebut

#3. Menurut sayyid qutb dalam tafsirnya hasad ialah kerja emosional yang berhubungan dengan keinginan agar nikmat yang di berikan allah.swt kepada seseorang dari hambanya hilang dari padanya. Baik cara yang di pergunakan oleh orang yang dengki itu dengan tindakan supaya nikmat itu leyap dari padanya atas dasar iri hati , atau cukup dengan keinginan saja.

#4. An-nawawi mendifinisikan hasad adalah menginginkan hilagnya nikmat dari yang memperolehnya baik itu nikmat dalam agama ataupun dalam perkara dunia.

Ulama berbeda –beda dalam mendifinisikan hasad. Tetapi pada dasarnya ungkapan mereka, hasad adalah sikap benci dan tidak senang terhadap apa yang dilihatnya berupa baiknya keadaan orang yang tidak disukainya. Al-hasan Al-bashri r.a pernah di Tanya “apakah seseorang mukmin itu mimiliki sifat hasad?
Beliau menjawab ‘begitu cepatnya engkau lupa (tentang kisah hasad) saudara-saudara nabi yusuf a.s

Namun sembunyikanlah hasad itu di dalam dadamu. Hal itu tidak akan membahayakan mu selagi tidak di tampakan dengan tangan dan lisan

Betapa kejinya sifat hasad apabila berkembang di tengah-tengah masyarakat , sifat tersebut dapa menghancurkan masyarkat . menuru islam, sifat hasad wajib di jauhi oleh setia muslim sebagaimana di jelaskan pada

Qur’an surah An-nisa : 54

أَمْ يَحْسُدُونَ النَّاسَ عَلَىٰ مَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۖ فَقَدْ آتَيْنَا آلَ إِبْرَاهِيمَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَآتَيْنَاهُمْ مُلْكًا عَظِيمًا

“ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar”
“janganlah kamu saling mendengki saling memutuskan hubungan , saling membenci, dan saling membelakangi tetapi jadilah hamba allah yang bersaudara, sebagaimana yang telah diperintahkan allah kepadamu (HR. Bukhari dan muslim)

Hadis di atas menjelaskan akan larangan untuk berbuat hasad kepada orang lain. Maka dari itu wajib hukumnya menjauhi sikap hasad kerena hasad merupakan akhlak tercela yang akan membawa pada kerugian yang teramat besar.

cara menghindari dari sifat hasad

#1. Mendekatkan diri kepada alah
#2. bersykur atas segala nikmat yang diberikan allah kepada kita
#3. Meningkatkan iman dan takwa kepada allah
#4. menyadari akan bahaya hasad yakni menghapus kebaikan

Itulah cara menghindari dari sifat hasad, nah sobat islami mari kita terus meningkatkan ketakwaan kita kepada allah.swt dan berusaha menghidari sifat tercela salah satunya sifat hasad.

Baca juga: