Distribusi Pendapatan yang Merata

Distribusi Pendapatan yang Merata

Distribusi Pendapatan yang Merata

Distribusi Pendapatan yang Merata
Distribusi Pendapatan yang Merata

Keadilan pembagian rezeki dari hasil mengelola sumber daya baik alam maupun manusia dari suatu negara adalah di mana pendapatan yang diperoleh dapat dinikmati secara merata oleh rakyatnya, dalam arti distribusi pembagian pendapatan yang relatif adil.

Artinya sebagian besar pendapatan negara dinikmati oleh sebagian besar golongan masyarakat dalam perekonomian tersebut. Dengan meratanya pembagian pendapatan diharapkan tingkat konsumsi masyarakat juga relatif lebih baik. Dan pada muaranya diharapkan akan terjadi kehidupan yang tidak bertendensi pada keresahan dan kerusuhan sosial.

Beberapa cara untuk menghitung dan menentukan mengenai tingkat distribusi pendapatan dalam masyarakat suatu negara telah banyak dikembangkan dan dikemukakan oleh para pakar ekonomi makro khususnya cabang ilmu ekonomi makro yaitu ekonomi pembangunan dan perencanaan.

Akan tetapi beberapa diantaranya yang paling sering dipergunakan adalah Indeks Gini atau Gini Koefisien atau Gini Ratio yang merupakan kesimpulan matematis dari studi empiris Lorenz yang terkenal dengan Kurve Lorenz sehubungan dengan distribusi pendapatan tersebut. Gini Ratio digunakan untuk mengukur distribusi pendapatan masyarakat secara umum/global, sedangkan untuk mengukur distribusi pendapatan masyarakat antar daerah digunakan rumus Indeks Williamson.

Sumber : https://www.quibblo.com/story/DBrj-ERG/Dosenpendidikan-Releases-ABrand-New-Article-onThe-Respiratory-System-of-Different-Animals