Pendidikan

 Definisi Sistem Imun

 Definisi Sistem Imun

 Definisi Sistem Imun

 Definisi Sistem Imun

Imunitas merupakan jawaban reaksi tubuh terhadap bahan asing secara molekuler maupun seluler. Immunitas berasal dari kata latin yaitu immunitas. Secara umum sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah sistem perlindungan dari pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Jika sistem imun bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus, serta menghancurkan sel kanker dan zat asing lain dalam tubuh. Sebaliknya, jika sistem imun melemah, maka kemampuannya untuk melindungi tubuh juga berkurang, sehingga menyebabkan patogen, termasuk virus dapat berkembang dalam tubuh. Sistem imun juga memberikan pengawasan terhadap pertumbuhan sel tumor. Terhambatnya mekanisme kerja sistem imun dapat meningkatkan resiko terkena beberapa jenis kanker. Sebagai bahan pemicu respon imun tersebut dikenal dengan antigen dan sebagai jawaban reaksi imun dikenal dengan anribodi.

Respon imun merupakan respon tubuh berupa suatu urutan kejadian yang kompleks terhadap antigen yang bertujuan mengeliminasi antigen tersebut. Respon imun melibatkan berbagai macam sel dan protein, terutama sel makrofag, sel limfosit, komplemen, dan sitokin yang saling berinteraksi secara kompleks.

  1. Fungsi Sistem Imun
  • Sistem imun memiliki beberapa fungsi bagi tubuh, yaitu sebagai:
    Pertahanan tubuh, yaitu menangkal bahan berbahaya agar tubuh tidak sakit, dan jika  sel-sel imun yang bertugas untuk pertahana ini mendapatkan gangguan atau tidak bekerja dengan baik, maka oranmg akan mudah terkena sakit
  • Keseimbangan, atau fungsi homeostatik artinya menjaga keseimbangan dari komponen tubuh.
  • Perondaan, sebagian dari sel-sel imun memiliki kemampuna untuk memantau ke seluruh bagian tubuh. Jika ada sel-sel tubuh yang mengalami mutasi maka sel peronda tersebut akan membinasakannya.
  1. Tidur Teratur Berkaitan Dengan Sistem Imun

Sebuah studi mengungkapkan bahwa selain lamanya waktu tidur, membiasakan diri untuk tidur di jam yang sama setiap malam juga memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan kerja sistem imun. Hal ini disampaikan oleh para peneliti dari Washington State University. Salah seorang peneliti yang terlibat, Ilia Karatsoreos, melakukan studi terkait jam tidur pada beberapa ekor tikus.

Ia mendapati bahwa kelompok tikus yang jam tidurnya tak teratur memiliki respons imun yang terganggu, sehingga mereka akan lebih mudah untuk terserang penyakit.

“Ini merupakan hal yang sangat penting. Seiring waktu, pola tidur tak teratur bisa memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan organisme. Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity, ini secara spesifik mengamati proses sirkadian. Nah, organisme yang siklus sirkadiannya mengalami gangguan, diketahui membuat sistem imunnya berpotensi kurang mampu melawan penyakit dan lebih mudah terserang penyakit.

“Bahkan tak cuma jam tidur. Saat ini siklus sirkadian bisa dibilang banyak memiliki gangguan, termasuk pencahayaan di malam hari, sistem kerja shift, jet lag dan bahkan cahaya biru-biruan yang dipancarkan oleh ponsel dan tablet.

baca juga :

Sometimes You Die 1.1 Apk for android