Perkebunan

Cara Panen dan Periode Panen

Cara Panen dan Periode Panen

Waktu terbaik memanen bunga lavender adalah saat mulai terbukanya bagian bawah bunga pada setiap batang. Saat tersebut merupakan kondisi puncak keindahan serta keharuman bunga lavender. Untuk memanennya, potong bunga di bagian dasar batang yang berada di dekat daun.

Jika anda ingin mengeringkan bunga hasil panen tersebut, anda bisa mengikat sekitar seratus bunga menjadi satu, lalu eratkan dan gantung di dalam ruangan yang gelap dan kering, dengan temperatur yang hangat. Lalu letakan terbaik selama 10 hingga 14 hari.

Bila bunga lavender akan dijadikan sebagai hiasan yang dimasukan kedalam vas, akar jangan direndam dengan air agar bunga tidak cepat layu dan membusuk.

Berikut tata cara panen dijelaskan secara urut beserta gambarnya :

 

1.Pangkas dan panen saat bunga mekar.

Memangkas dan memanen lavender pada dasarnya merupakan sesuatu yang sama – Anda memotong tangkai yang berbunga dari semaknya. Ini mendorong pertumbuhan baru pada akar tanaman, menjaga tanaman agar tetap terlihat rapi, dan memberi Anda 1-8 ikat bunga lavender segar. Lavender sebaiknya dipotong pada saat bunganya baru merekah di musim semi (sekitar bulan Maret) Pada saat inilah bunga lavender paling harum dan indah.

  • Monitor terus tanaman lavender di awal musim semi agar Anda dapat langsung mendapati momen tepat saat bunganya merekah.
  • Jika Anda memotong lavender di musim semi, tanaman tersebut masih mungkin menghasilkan bunga lebih banyak lagi untuk masa panen kedua.

sumber :

Pos-pos Terbaru