Cara Budidaya Ikan Rainbow dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Rainbow dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Rainbow dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Rainbow dengan Mudah
Cara Budidaya Ikan Rainbow dengan Mudah

Bagaimana cara budidaya ikan rainbow dilaksanakan? ikan rainbow atau ikan pelangi merupakan salah satu ikan asli Indonesia, tepatnya dari Danau Sentai, Irian Jaya. Dinamakan sebagai pelangi (rainbow) karena tubuhnya dihiasi oleh bermacam-macam warna yang indah sekali. Tubuhnya yang cukup mungil juga membuat gerakan ikan ini sangat lincah sehingga cocok dijadikan ikan hias di akuarium.

Saat ini, ikan rainbow termasuk ikan yang hampir punah. Kendati demikian, pembudidayaan ikan ini dinilai bisa menyelamatkan keberlangsungan hidup ikan rainbow di habitat aslinya. Dengan proses budidaya yang tidak terlalu sulit, prospeknya sangat menguntungkan alasannya yakni akibatnya pun melimpah dengan nilai jual yang tinggi. Di luar negeri, harga seekor ikan rainbow remaja berkisar antara Rp 90-150 ribu.

Bagaimana cara budidaya ikan rainbow dilaksanakan Simak Cara Budidaya Ikan Rainbow dengan Mudah. Dalam membudidayakan ikan rainbow, terdapat beberapa tahapan yag harus dikerjakan antara lain :

Siapkan Ikan Indukan

Ikan rainbow yang akan dijadikan sebagai indukan harus berusia minimal 6 bulan dengan ukuran sekitar 5-7 cm. Pada rentang umur tersebut, biasanya ikan sudah mengalami matang secara gamet sehingga bagus dipakai untuk indukan. Pilih ikan indukan yang mempunyai kualitas paling bagus, terlihat dari gerakannya yang aktif dan kecerahan corak warnanya.

Kemudian ikan ini dimasukkan ke dalam kolam pemijahan dengan perbandingan antara ikan jantan dan ikan betina yaitu 1:1 atau 1:2. Ikan rainbow jantan ditandai dari warnanya yang lebih cerah dan sirip-siripnya berwarna kemerah-merahan. Sedangkan ciri-ciri ikan rainbow betina yakni warna tubuhnya agak pucat, tubuhnya berukuran lebih kecil, dan berbentuk membulat pada bab perutnya.

Buat Kolam Pemijahan

Kolam yang akan digunakan sebagai daerah pemijahan bisa berupa akuarium, kolam beton, atau kolam fiberglass. Ukuran daerah pemijahan yang ideal yakni 80 x 40 x 40 cm. Sementara untuk ukurannya yaitu 2 x 2 m dengan ketinggian air mencapai 40 cm. Ukuran menyerupai ini memungkinkan setiap pasangan ikan rainbow bisa menerima setidaknya 10 liter air. Lengkapi kolam pemijahan ini dengan tanaman air, ijuk, atau tali rafia sebagai wadah bagi ikan untuk menempelkan telur-telurnya.

Air yang Berkualitas

ikan hias – Air yang akan digunakan untuk mengisi kolam pemijahan harus memiliki kualitas yang bagus. Tanda-tandanya yaitu pH sekitar 7-8 dan memiliki temperatur antara 21-25 derajat celsius. Sebelum dituangkan ke dalam kolam, air tersebut perlu didiamkan terlebih dahulu paling cepat 12 jam supaya kotorannya mengendap.

Pakan yang Bernutrisi

Selama dalam masa pemijahan, indukan ikan rainbow harus diberikan pakan yang mengandung nutrisi yang lengkap. Beberapa rekomendasi pakan hidup yang cocok untuk ikan pelangi misalnya artemia, kutu air, dan cacing sutera. Sekali-kali ikan juga perlu diberikan pelet untuk mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukannya.

Berlangsungnya Proses Pemijahan

Proses pemijahan ikan rainbow biasanya berlangsung pada malam hari. Setelah proses ini terjadi, telur-telur ikan akan melekat pada tanaman air/wadah peletakan telur yang ada di kolam. Kaprikornus tempat-tempat tersebut harus sering diperiksa untuk mengetahui apakah sudah ada telur ikannya atau belum.

Bila jumlah telur sudah cukup banyak, ikan-ikan indukan harus segera dikeluarkan dari kolam pemijahan semoga tidak memangsa telur. Pada umumnya, telur akan menetas dalam waktu 5 hari setelah terjadinya pembuahan. Anak-anak ikan pelangi ini masih mempunyai kuning telur di perutnya yang akan menjadi cadangan makannya dalam waktu 5 hari ke depan.

Tahap Pembesaran Benih

Pakan yang diberikan kepada anakan ikan rainbow berupa infusoria dan kuning telur hingga umurnya mencapai 14 hari. Kemudian pakan ikan bisa diganti dengan kutu air dan cacing sutera hingga berusia 30 hari. Setelah sebulan, ikan rainbow kecil ini bisa dikasih pakan pelet yang telah dihaluskan. Selama proses pembesaran, kebersihan akuarium sebagai daerah pemeliharaan ikan rainbow harus senantiasa dijaga.