Perikanan

Berdasarkan penjelasan dan gambaran umum program PTC yang telah dikemukakan pada bab III,

Berdasarkan penjelasan dan gambaran umum program PTC yang telah dikemukakan pada bab III, dapat ditarik kesimpulan kelebihan dan kekurangan PTC secara garis besar, yaitu:

Kelebihan:
PTC dapat menjadi salah satu cara bagi para pengguna internet untuk memperoleh penghasilan tambahan
Kekurangan:
Pada program PTC dapat menjadi ajang penipuan yang sengaja dilakukan oleh pihak pengelola web demi mendapatkan keuntungan yang banyak dari membernya.
Pada program PTC dapat terjadi kecurangan yang dilakukan oleh member dengan menggunakan software auto klik yang dapat merugikan pihak pengelola web.
Program PTC tersebut dapat tutup ditengah jalan karena terbentur dengan masalah pada online payment processor atau dihack. Hal ini dapat merugikan pihak member yang telah melakukan klik dan belum  melakukan payout atas hasil kliknya.
Jumlah hari sewa referal tidak sesuai antara peraturan yang ada pada TOS (Term of Service) dengan implementasi yang sedang berlangsung
Anggota referal sering hilang dengan sendirinya sedangkan waktu sewa masih aktif. Pihak admin kurang bertanggung jawab sehingga merugikan pihak member
Berdasarkan keterangan diatas, dapat diketahui bahwa dalam program PTC memiliki lebih banyak kekurangan dari pada kelebihan, atau dapat dikatakan bahwa mudharat yang terjadi dalam lebih banyak dari pada program PTC maslahatnya.
Menurut ulama  ushul fiqh, hal ini dapat dikategorikan sebagai maslahah hal yang mendasar dalam kehidupan manusia. Perkara-perkara ini dapat dikembalikan  kepada lima perkara, yang merupakan perkara pokok yang harus dipelihara, yaitu: agama, jiwa, akal, keturunan, dan Dalam hal ini program PTC tidak dapat melindungi dan memberikan manfaat bagi membernya dalam lima perkara tersebut, terutama dalam perkara agama dan harta, sehingga dapat dikatakan bahwa program PTC mendatangkan mudharat bagi membernya dan hal ini bertentangan dengan syariat Islam.
Menurut KH. Ahmad Azhar Basyir, MA hukum muamalat memiliki empat prinsip, yaitu:
Pada dasarnya segala bentuk muamalat adalah mubah, kecuali yang ditentukan oleh al-Qur’a>n dan sunah Rasul.
Muamalat dilakukan atas dasar sukarela, tanpa mengandung unsur-unsur paksaan.
Muamalat dilakukan atas dasar pertimbangan mendatangkan manfaat dan menghindari madharat dalam hidup masyarakat.
Muamalat dilaksanakan dengan memelihara nilai keadilan, menghindari unsur-unsur penganiayaan, unsur-unsur pengambilan kesempatan dalam kesempitan_
Berdasarkan empat prinsip di atas, maka dapat dilihat bahwa sistem dan mekanisme yang terdapat dalam program PTC tidak sesuai dengan prinsip muamalat, karena pada program PTC terdapat kelemahan dalam melindungi membernya dari kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam program PTC. Kemudian pada program PTC ini terdapat ketidakadilan yang hanya menguntungkan untuk salah satu pihak, yaitu pihak pengelola atau admin, sedangkan pihak member lebih banyak dirugikan baik secara moril maupun materiil.
sumber :