Belajar Tajwid Bacaan Mim Mati

Belajar Tajwid Bacaan Mim Mati

Belajar Tajwid Bacaan Mim Mati

Belajar Tajwid Bacaan Mim Mati
Belajar Tajwid Bacaan Mim Mati

BACAAN MIM MATI

Bacaan Mim Mati hampir sama dengan bacaan nun mati dan tanwin. yaitu sama sama membahas tentang bagaimana cara kita membaca jelas, samar ataupun lainnya. Bacaan nun mati dibagi menjadi 3 bacaan yaitu:

  1. Idghom Mimi / Mitslain
  2.  Ikhfa’ Syafawi
  3.  Idzhar Syafawi

Idghom Mimi / Mitslain

idghom mimi secara bahasa adalah. Idghom artinya memasukkan. mimi/mitslain artinya mim/serupa. Disebut dengan Mitslain sebab terjadinya pertemuan dua huruf hijaiyah yang makhraj dan juga sifatnya adalah sama persis [identik], tetapi khusus bagi huruf hijaiyah Mim Sukun yang ketemu huruf Mim yang mempunyai harakat.  Dan selain dari huruf hijaiyah Mim tersebut di atas, maka hukum yang berlaku bagi pertemuan 2 [dua] huruf yang sama yaitu huruf sukun dan huruf berharakat yaitu Hukum Mad Tamkin dan Hukum Idgham Mutamasilain.

Cara Membaca Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

Hukum daro Idgham Mitslain adalah dibaca dengan mendengung [makhraj huruf hijaiyah mim-nya jelas dan mengalun] kurang lebih sekitar 2 – 3 harakat [1 Alif hingga 1 1/2 alif]

Di dalam Al-Quran Al Kariim ayat yang mengandung hukum Idgham Mitslain telah ada tanda tasydidnya. Tasydid Idgham Mitslain merupakan Tasydid Hukum, yaitu sebuah tanda tasydid yang ada dan diberikan sebab terjadinya suatu hukum peleburan atau pertemuan.

contohnya :

هُمْ مَااِنْفَقُوْا

لَهُمْ مَايَتَقُوْن

Ikhfa’ syafawi

Ikhfa Syafawi secara bahasa. ikhfa’ artinya samar. syafawi bibir. sedangkan secara istilah yaitu suatu hukum tajwid yang terjadi ketika ada huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) ketemu dengan huruf hijaiyah Ba ( ب ) .

Cara Membaca Ikhfa Syafawi

dengan membaca lebih dulu HURUF HIJIAYAH SEBELUM MIM SUKUN, setelah itu masuk ke dalam huruf Mim Sukun dengan cara mengeluarkan irama dengungnya hukum dari ikhfa Syafawi [yaitu dengan cara menahan huruf hijaiyah mim secara samar-samar]; “immng.. / ummmng.. / ammmng… ” sehingga ketika akan ketemu dengan huruf hijaiyah ب maka bibir atas dan bibir bawah dalam posisi yang tertutup.

contohnya :

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ   –    اِنَهُمْ بِدَالِكَ

Idzhar Syafawi

Idzhar syafawi secara bahasa idzhar artinya jelas, syafawi bibir. sedangkan secara istilah Idzhar Syafawi yaitu bagian dari ilmu tajwid yang terjadi ketika huruf hijaiyah Mim Sukun bertemu dengan seluruh huruf hijaiyah, selain huruf hijaiyah Mim dan huruf hijaiyah Ba.

Kunci utama untuk mengingat huruf-huruf hijaiyah di dalam Hukum Idzhar Syafawi yaitu cukup dengan mengetahui hukum Idgham Mitslain dan Ikhfa Syafawi.

Cara Membaca Idzhar Syafawi

melafalkan huruf-huruf hijiayah yang ketemu dengan huruf Mim Sukun dengan terang dan jelas, dan ini tidak disertai dengan berdengung [ghunnah]. Dan dalam  Idzhar Syafawi bisa terjadi dalam satu kalimat [kata], ataupun di luar kalimat [kata] yang terpisah.

contohnya :

هُمْ نَائِمُوْنَ

قُلْ نَعَمْ وَاَنْتُمْ

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/bacaan-tawasul-ringkas-dan-lengkap-hadhorot/