Umum

Aspek-Aspek Kemukjizatan Al Quran

Aspek-Aspek Kemukjizatan Al Quran

Para ulama sepakat bahwasanya al-Quran tidaklah melemahkan manusia untuk mendatangkan sepadan al-Quran hanya karena satu aspek saja, akan tetapi karena beberapa aspek, baik aspek lafzhiyah (morfologis), ma’nawiyah (semantik) dan ruhiyah (psikologis). Semuanya bersandarkan dan bersatu, sehingga melemahkan manusia untuk melawannya.

Namun demikian mereka berbeda pendapat dalam meninjau segi kemukjizatan al-Quran. Perbedaan itu adalah sebagai berikut:

  1. Sebagian ulama berpendapat bahwa segi kemukjizatan al-Quran adalah sesuatu yang terkandung dalam al-Quran itu sendiri, yaitu susunan yang tersendiri dan berbeda dengan bentuk puisi orang Arab maupun bentuk prosanya, baik dalam permulaannya, maupun suku kalimatnya.
  2. Sebagian yang lain berpendapat bahwa segi kemukjizatan al-Quran itu terkandung dalam lafal-lafalnya yang jelas, redaksinya yang bernilai sastra dan susunannya yang indah, karena nilai sastra yang terkandung dalam al-Quran itu sangat tinggi dan tidak ada bandingannya.
  3. Ulama lain berpendapat bahwa kemukjizatan itu karena al-Quran terhindar dari adanya pertentangan, dan mengandung arti yang lembut dan memuat hal-hal ghaib diluar kemampuan manusia dan diluar kekuasaan mereka untuk mengetahuinya.
  4. Ada lagi ulama yang berpendapat bahwa segi kemukjizatan al-Quran adalah keistimewaan-keistimewaan yang nampak dan keindahan-keindahan yang terkandung dalam al-Quran, baik dalam permulaan, tujuan maupun dalam menutup setiap surat.

Imam al-Qurtubi dalam tafsirnya al-Jami’i Ahkamil Quran menyebutkan sepuluh segi kemukjizatan al-Quran, sementara al-Zarkani dalam kitabnya Manahilul Irfan mencatat empat belas segi kemukjizatan al-Quran

Perbedaan pendapat ulama diatas diketahui sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Jadi bukan berbeda dalam menentukan batasan-batasan kemukjizatan al-Quran, karena aspek-aspek kemukjizatan al-Quran tidak hanya terbatas pada aspek-aspek tertentu yang mereka sebutkan. Adapun aspek-aspek kemukjizatan al-Quran adalah:

  1. Susunan bahasanya yang indah, berbeda dengan susunan bahasa Arab.
  2. Uslubnya (susunannya) yang menakjubkan, jauh berbeda dengan segala bentuk susunan bahasa Arab.
  3. Keagungan yang tidak mungkin bagi makhluk untuk mendatangkan sesamanya.
  4. Syariat yang sangat rinci dan sempurna melebihi setiap undang-undang buatan manusia.
  5. Mengabarkan hal-hal ghaib yang tidak bisa diketahui kecuali dengan wahyu.
  6. Tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan.
  7. Al-Quran memenuhi setiap janji dan ancaman yang dikabarkannya.
  8. Luasnya ilmu-ilmu pengetahuan yang terkandung didalamnya.
  9. Kesanggupannya dalam memenuhi segala kebutuhan manusia.
  10. Berpengaruh terhadap hati para pengikutnya dan orang-orang yang memusuhinya.

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/