Agama

Ashbabul Wurud Hadits

Ashbabul Wurud Hadits

Ashbabul Wurud Hadits

 

Ashbabul Wurud Hadits
Ashbabul Wurud Hadits

Asbabul wurud

Secara etimologis ”asbabul wurud” merupakan susunan idlofah, yang berasal dari kata asbab dan wurud. Kata ”asbab adalah bentuk jama’ dari kata “sabab”, yang berarti segala sesuatu yang dapat mehubungkan pada sesuatu yang lain, atau penyebab terjadinya sesuatu. Sedangkan kata “wurud” merupakan bentuk isim masdar dari waroda, yaridu, wuruudan yang berarti datang atau sampai .
عرف أهل اللغة السبب بفتح السين والموحودة بأنّه الحبل. جاء في اللسان : أنّ ذلك في لغة هذيل. واختار له : أنّه كلّ شيئ يتوصل به إلى غيره.
الورود والموارد بمعنى المناهل أو الماء الذى يورد.4
Secara terminologi menurut As-suyuti, asbabul wurud diartikan sebagai berikut:
أنّه مايكون طريقا لتحديد المراد من الحديث من عموم أوخصوص أوإطلاق أوتقييد أو نسخ أو نحو ذلك.
Artinya : “sesuatu yang menjadi metode untuk menentukan maksud suatu hadits yang bersifat umum, khusus, mutlak, muqoyyad, dan untuk menentukan ada dan tidaknya naskh (pembatalan) dalam suatu hadits”.
Sedangkan menurut Hasbi ash-Shiddiqie, asbabul wurud adalah :
علم يعرف به السبب الذى ورد لأجله الحديث والزمان الذى جاء به.
Artinya : ilmu yang menerangkan sebab-sebab dan masa-masa Nabi Muhammad SAW menuturkan sabdanya.
Dari beberapa definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa asbabul wurud merupakan konteks historisitas, baik berupa peristiwa-peristiwa atau atau pertanyaan atau yang lainnya yang terjadi pada saat hadits tersebut disampaikan oleh Rasulullah SAW. Ia dapat berfungsi sebagai pisau analisis untuk menentukan apakah hadits tersebut bersifat umum atau khusus, mutlak atau muqayyad, naskh atau mansukh, dan lain sebagainya.

Penyebab Munculnya Hadits dan Cara Mengetahuinya

Ada beberapa penyebab hadirnya hadits, diantaranya adalah :
1. Berupa ayat al-Qur’an, artinya ayat al-Qur’an menjadi penyebab Rasulullah SAW menyampaikan hadits.
2. Berupa Hadits, artinya pada saat itu Nabi menyampaikan suatu hadits, akan tetapi ada sebagian sahabat yang merasa kesulitandalam memahami apa yang dikehendaki Nabi sehingga hadits lain pun muncul.
3. Berupa kasus yang terjadi atau sesuatu yang dikonsultasikan kepada Nabi atau jawaban yang diberikan oleh Nabi untuk merespon pertanyaan maupun pernyataan sahabat.
Adapun cara untuk mengidentifikasi hadits-hadits yang mempunyai asbabul wurud diantaranhya adalah :
1. Diketahui dalam satu rangkaian hadits itu sendiri. Untuk kasus hadits seperti ini, maka akan lebih mudah bagi kita memahami konteks pada saat hadits tersebut disampaikan Nabi.
2. Sebab hadirnya hadits yang tidak tertuang dala satu rangkaian redaksi hadits, namun diketahui melalui hadits lain dengan sanad yang berbeda. Untuk kasusu seperti ini, maka perlu adanya usaha yang lebih komprehensif dalam melakukan ekksplorasi hadits lain yang mengandung relevansi dan pesan yang serupa.

Urgensi mempelajari Asbabul Wurud

Menurut Imam As-Suyuthi, adapun urgensi mempelajari asbabul wurud adalah :
1. Membatasi pengertian hadits yang masih mutlak
2. Mentafshil hadits yang masih nersifat global
3. Menentukan ada atau tidak adanya naskh dalam hadits
4. Menjelaskan ‘illat ditetapkannya suatu hadits
5. Menjelaskan maksud suatu hadits yang masih musykil

Baca Juga: