Pendidikan

Analisis SWOT Pada Standar Sarana dan Prasarana

Analisis SWOT Pada Standar Sarana dan Prasarana

Dalam PP No. 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan, disebutkan bahwa :Sarana dan prasarana adalah kriteria mengenai ruang belajar, tempat berolah raga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi.[13]

Menurut Prof. Dr. Wina Sanjaya, “sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran,….sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran”.[14]

Kelengkapan sarana dan prasarana dapat memudahkan guru dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran, dan dapat memberikan berbagai pilihan untuk belajar.Karena sarana dan prasarana sangat penting untuk menunjang terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien, maka seorang kepala sekolah/madrasah dan seluruh komponen harus dilibatkan untuk menganalisis faktor ini, yang meliputi kepemilikan ruang kelas yang cukup, kepemilikan buku pelajaran yang ideal, ruang laboratorium/praktikum, jaringan internet, meubeler memadai, kotak UKS, kantin, toilet dan lain-lain. Dalam menyusun rencana program dan analisis program misalnya ;

            Kekuatan : Guru mampumenggunakanmedia tekhnologi pendidikan, ruang belajar memenuhi syarat ruang belajar ideal.

Kelemahan : Sekolah/madrasah memiliki proyektor tetapi terbatas, hanya terdapat pada beberapa ruang belajar saja.

            Peluang : Sekolah/madrasah dapat memenuhi kekurangan sarana dengan menggunakan dana BOS.

Tantangan :POS pembiayaan sarana dan prasarana pada dana BOS sangat terbatas dan tidak memungkinkan untuk belanja memenuhi kekurangan tersebut. Jika kepala sekolah salah mengambil kebijakan dalam pembiayaan belanja sarana/prasarana,  maka akan mengakibatkan kerugian  Negara.

Langkah Strategis :Sekolah harus mengkaji dan mengidentifikasi sarana dan prasarana yang tersedia, berapa yang baik dan layak pakai, berapa yang mengalami kerusakan serta berapa kekurangan yang harus dilengkapi, sarana dan prasarana mana yang diprioritaskan dan mana yang dapat ditangguhkan. Dana dapat diperoleh dari para donatur, misalnya menjaring dana dari komite sekolah, para alumni sekolah/madrasah yang bersangkutan dan lain-lain.

baca juga

https://www.dosenmatematika.co.id/gb-whatsapp-apk/