Perikanan

Analisis SWOT Pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  

Analisis SWOT Pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  

Dalam PP No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan disebutkan bahwa“Standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria mengenai pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan”.[12]

Guru adalah pekerjaan professional, sehingga guru harus memiliki ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang tugasnya, memiliki kemampuan dan keahlian berdasarkan profesinya. Sedangkan tenaga kependidikan adalah komponen yang juga sebagai pendukung  dalam penyelenggaraan pendidikan. Pada kompetensi ini, sekolah harus manganalisis tentang kecukupan jumlah guru, guru yang bersertifikasi, guru yang berkualifikasi S1, kecukupun jumlah ideal pustakawan, laboran, teknisi computer, karyawan dan lain-lain.

Contoh Analisis SWOT terhadap pendidik dan tenaga kependidikan sebagai berikut :

Kekuatan : Jumlah guru/tenaga pendidik dan tenaga kependidikan terpenuhi sesuai dengan kebutuhan sekolah/madrasah.

Kelemahan :Guru tidak kreatif menciptakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan tenaga kependidikan tidak mempunyai deskripsi tugas yang jelas pada pekerjaannya.

Peluang: Guru mengikutipertemuan KKG/MGMP tingkat sekolah/

madrasah maupun tingkat yang lebih tinggi.

Tantangan: Guru dan tenaga kependidikan lainnya kurang memiliki kesempatan untuk meningkatkan produktifitas, penyesuaian diri terhadap informasi dan strategi baru dalam pembelajaran serta rendahnya sikap mental sehingga menghambat tumbuh kembangnya sekolah/madrasah.

Langkah Strategis : Kepala sekolah sebagai menejer, harus memeiliki langkah strategi untuk mengatasi masalah ini, misalnya senantiasa memberikan motivasi bagi  pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan produktifitas, mengadakan diklat bagi pendidik dan tenaga kependidikan, meninggalkan pola-pola pembelajaran lama, bermental baik dan berakhlak mulia serta memberikan deskripsi tugas yang jelas kepada semua komponen sekolah/madrasah.

sumber :

https://situsiphone.com/gb-whatsapp-apk/